Kuliner

Berkenalan dengan 10 Makanan Khas Paskah dari Berbagai Negara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap negara memiliki hidangan khas yang disajikan saat perayaan tertentu seperti hari raya besar keagamaan, hari ulangtahun, dsb. Salah satunya adalah saat Paskah atau Jumat Agung (Good Friday), masyarakat yang merayakan dari berbagai negara menghidangkan makanan khusus saat perayaan ini. Apa saja makanan khasnya dan dari mana asalnya? Yuk intip 10 daftar hidangan Jumat Agung khas berbagai negara berikut:

Baca juga:

Advocaat, Belanda

advocaat hidangan khas paskah dari belanda
Source: holland.com

Makanan khas Paskah dari Belanda ini lebih mirip eggnog. Bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah brandy, gula, dan telur. Biasanya advocaat disajikan  sebagai topping waffle.

Pashka, Rusia

hidangan good friday khas rusia
Source: cdkitchen.com

Terbuat dari keju dank rim keju, pashka merupakan makanan Paskah khas Rusia. Hidangan ini berupa tumpukan keju yang dihias menggunakan buah kering yang dibentuk huruf ‘XB’. ‘XB’ sendiri kependekan dari Христос воскресе yang artinya  ‘Christ is Risen’ atau ‘Kristus Bangkit’

Capirotada, Meksiko

capirotada hidangan jumat agung khas meksiko
Source: thedailymeal.com

Hidangan ini merupakan puding roti khas Meksiko yang sering disajikan saat Paskah. Bahan dasarnya adalah bolillo atau roti seperti baguette. Roti tersebut direndam bersama kayu manis, sirup gula, dan cengkeh. Sebagai sentuhan akhir diberi topping beragam seperti kacang-kacangan atau buah kering.

Colomba di Pasqua, Italia

colomba di pasqua makanan khas paskah dari italia
Source: mytravelintuscany.com

Berupa roti manis yang biasa disajikan saat hari libur di Italia seperti Paskah. Bentuk hidangannya seperti burung merpati dan di dalamnya terdapat isian manisan buah. Untuk topping-nya menggunakan kacang almond dan taburan gula. Oh ya, bentuk merpati dipilih sebagai bentuk colomba di pasqua karena burung tersebut melambangkan perdamaian.

Torta Pascualina, Argentina

torta pascualina
Source: thespicechica.com

Kue gurih ini sering disajikan saat perayaan  Jumat Agung atau Paskah di Argentina. Torta pascualina terdiri dari ricotta, bayam, telur rebus, peterseli, dan artichoke. Hidangan ini tidak menggunakan daging karena disajikannya saat masih dalam masa pantangan.

Tsoureki, Yunani

tsoureki makanan khas jumat agung dari yunani
Source: travel-zone-greece.com

Hidangan roti manis sering dijadikan santapan wajib saat Paskah di berbagai negara, tak terkecuali Yunani. Bentuknya seperti roti kepang tiga yang melambangkan Tritunggal Maha Kudus. Di atasnya diletakkan telur puyuh rebus warna merah sebagai simbol darah Kristus.

Babka Wielkanocna, Polandia

hidangan khas paskah dari polandia
Source: thespruceeats.com

Merupakan kue tradisional khas Polandia yang sering disantap sebagai makanan penutup bahkan di negara-negara lain. Babka wielkanocna juga dianggap sebagai hidangan wajib saat perayaan Paskah atau Good Friday selama bertahun-tahun. Kue ini biasanya disajikan dengan taburan gula halus sebagai topping.

Pacoca de Amendoim, Brasil

makanan khas brasil disajikan saat jumat agung
Source: evistavitrineibiuna.com.br

Kalau sebelumnya hidangan khas hari Paskah berupa kue, roti, atau minuman, Brasil memiliki makanan khas berupa permen. Bernama pacoca de amendoim, permen ini terbuat dari tepung singkong, kacang tanah, garam, dan gula.

Hot Cross Bun, Inggris

hot cross bun disajikan saat good friday atau jumat agung di inggris
Source: bbc.co.uk

Roti manis tradisional Inggris ini sudah disajikan sebagai hidangan Paskah atau Good Friday selama berabad-abad. Di atasnya terdapat tanda silang yang menyimbolkan penyaliban Kristus. Selain itu, kismis juga ditambahkan sebagai ciri khas roti ini.

Chervil Soup, Jerman

sup seledri hidangan khas kamis putih atau kamis hijau, sebelum good friday
Source: abelandcole.co.uk

Di Jerman ada sebuah tradisi yang dilaksanakan sehari sebelum Jumat Agung, yaitu Gründonnerstag yang berarti Kamis Hijau. Di hari tersebut, masyarakat mengonsumsi makanan hijau seperti chervil soup. Jenis sup ini juga disajikan saat perayaan Paskah dan berbahan utama peterseli dan seledri.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.