Kuliner Nusa Tenggara Timur

Berkenalan dengan 5 Kuliner Unik Khas Labuan Bajo

Pinterest LinkedIn Tumblr

Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi yang menarik minat banyak wisatawan lokal maupun asing. Lokasinya berada di sebelah timur Indonesia, tepatnya di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Selain terkenal dengan tempat wisatanya seperti Taman Nasional Komodo, daerah ini juga memiliki berbagai kuliner unik yang khas dan tak boleh dilewatkan oleh para pecinta kuliner nusantara. Apa saja kuliner tersebut? Yuk simak info berikut ini!

Jagung Bose

jagung bose makanan khas labuan bajo
Image source: @santhiserad_food

Jagung bose merupakan makanan khas Labuan Bajo yang berbahan dasar jagung dan dicampur dengan kacang-kacangan seperti kacang merah dan kacang tanah. Hidangan ini juga memiliki cita rasa gurih karena ditambahkan santan kelapa dan penyedap rasa. Jagung bose bisa disantap sebagai makanan pengganti nasi mengingat bahan dasarnya adalah jagung yang kaya akan karbohidrat.

Rumpu Rampe

rumpu rampe kuliner labuan bajo
Image source: @rasamasa

Kalau hidangan khas Labuan Bajo yang satu ini berupa tumisan dengan bahan utamanya bunga pepaya, daun pepaya, buah pepaya muda, daun ubi, dan jantung pisang. Semua bahan utama dicampur menjadi satu bersama bumbu khas yang terbuat dari udang rebon sangrai, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, tomat, dan penyedap rasa.

Jagung Catemak

Image source: budaya-indonesia.org

Meskipun sama-sama berbahan dasar jagung, kuliner jagung bose dan jagung catemak memiliki perbedaan yang mencolok. Jagung catemak berbahan dasar jagung yang dicampur dengan kacang hijau dan labu lilin. Hidangan ini sering dijadikan makanan pendamping nasi putih hangat oleh masyarakat Labuan Bajo.

Nasi Kolo

Image source: labuanbajotour.com

Kuliner ini merupakan olahan nasi bakar yang diberi bumbu khas Labuan Bajo. Proses pengolahannya pun cukup memakan waktu sehingga kamu kudu bersabar bila ingin menyantapnya. Setidaknya kamu perlu menunggu selama 30 menit hingga nasi ini matang. Oh ya, pastikan kamu menyantap nasi kolo saat masih hangat ya agar terasa nikmat di lidah. Jangan lupa juga tambahkan lauk pendamping seperti  rumpu rampe dan hidangan laut bercita rasa khas daerah ini.

Ikan Kuah Asam

Image source: @yanesthi

Kalau kamu penyuka seafood yang segar, ikan kuah asam bisa kamu coba jika bertandang ke Labuan Bajo. Ikan yang digunakan pun beragam, dari mulai ikan kakap hingga ikan kerapu. Cara pengolahannya, ikan yang menjadi bahan dasar dipotong besar-besar dan dimasak bersama kuah bening berwarna kuning. Kuliner ini memiliki cita rasa asam sekaligus gurih karena ada campuran belimbing wuluh di dalamnya. Tak lupa Irisan tomat dan cabai utuh menjadi bahan pelengkap hidangan ikan kuah asam.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.