Kuliner

Berkunjung ke Kabupaten Klaten, Jangan Lupa Cicipi 10 Makanan Khas Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr

Klaten merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal karena diapit oleh dua keraton dan dua kerajaan; Kasunanan Yogyakarta dan Surakarta. Selain tempat wisatanya yang beragam dan menarik untuk dikunjungi, kulinernya pun tak kalah menggugah selera lho! Berikut ini ada 10 makanan khas Klaten yang bisa kamu coba jika berkunjung ke Kabupaten Klaten:

Kepel Klaten

kepel klaten makanan khas klaten
Source: topijelajah.com

Di Kabupaten Klaten, ada kudapan yang berbentuk seperti tangan terkepal. Makanan khas Klaten ini berada di wilayah Pedan. Kepel Klaten terbuat dari tepung gandum yang diolah bersama bawang putih, bawang merah, garam, dan merica. Biasanya cemilan ini disantap bersama saus sambal, cocok banget jadi teman minum teh.

Sego Wiwit

sego wiwit dari kabupaten klaten
Source: perpus.jatengprov.go.id

Makanan khas Klaten ini dianggap sebagai hidangan langka dan umumnya disajikan saat acara syukuran atau sedekah bumi. Tetapi akhirnya sego wiwit sudah banyak dijual di warung tradisional atau restoran di Kabupaten Klaten. Dalam satu porsi, sego wiwit berisi nasi dengan lauk pauk dan lalapan seperti ayam, telur, mentimun, selada, dll. Nah, kalau kamu berkunjung ke Kabupaten Klaten, jangan lupa cicipi hidangan ini ya!

Sego Gudangan

sego gudangan
Source: hidupkita.com

Kalau kamu berburu menu sarapan di Kabupaten Klaten, bisa nih mencoba sego gudangan. Sego sendiri berarti nasi sedangkan gudangan berarti urap. Jadi, sego gudangan bisa dibilang adalah nasi urap. Makanan khas Klaten ini berupa nasi yang disajikan bersama parutan kelapa, sayuran, saus tempe, dan bubuk kacang.

Nasi Trancam

nasi trancam
Source: dapurkobe.co.id

Makanan khas Klaten ini berbahan dasar nasi yang disantap bersama sayuran mentah lalu diberi bumbu. Bumbunya terbuat dari rempah khas sehingga aromanya begitu menggugah selera. Tidak sulit kok menemukan tempat makan yang menyajikan nasi trancam di Kabupaten Klaten. Selain rasanya yang nikmat, harganya pun sangatlah terjangkau.

Bakmi Miroso

bakmi miroso dari kabupaten klaten
Source: kampoengilmu.com

Ingin menyantap Chinese food yang halal? Kabupaten Klaten memiliki tempat makan yang menyajikan hidangan mi, yaitu Bakmi Miroso. Satu porsi bakmi ini terdiri dari mi, ayam koloke, telur, dsb. Karena resepnya turun-temurun, cita rasanya terkenal legendaris dan menjadi salah satu makanan khas Klaten yang perlu kamu coba.

Sop Ayam Pecok

sop ayam pecok
Source: mytrip123.com

Sop ayam pecok merupakan salah satu hidangan populer di Kabupaten Klaten. Makanan khas Klaten ini berupa daging ayam bertulang yang dipotong secara acak, makanya diberi nama ayam pecok. Hidangan ini cocok sekali untuk menghangatkan tubuh, khususnya saat cuaca sedang dingin. Kuahnya cenderung bening seperti kuah sop kebanyakan dan rasanya pun gurih.

Nasi Tumpang Lethok

makanan khas klaten nasi tumpang lethok
Source: inibaru.id

Berkunjung ke Kabupaten Klaten, belum lengkap bila tidak mencicipi makanan khas ini. Nasi tumpang lethok ini juga menjadi menu sarapan pagi favorit karena hanya dijual di pagi hari saja. Dalam satu porsi, nasi tumpang lethok berisi nasi yang dihidangkan bersama daun pepaya, telur rebus, bacem, nangka muda, krecek, dan koyor atau urat sapi yang dimasak.

Slondok Klaten

makanan khas slondok klaten
Source: makananoleholeh.com

Beralih ke cemilan, Kabupaten Klaten memiliki slondok yang sering dijadikan oleh-oleh khas. Slondok berbahan dasar singkong yang diberi bumbu. Setelah gilingan singkong dibumbui, bentuk adonan tersebut seperti gelang lalu jemur hingga kering dan siap digoreng. Awalnya, slondok ini hanya memiliki rasa original saja, tapi sekarang tersedia dalam rasa yang lebih beragam. Sekilas bentuknya memang mirip lanting khas Purwokerto hanya saja slondok ini memiliki ukuran yang lebih besar.

Geplak

geplak
Source: perpus.jatengprov.go.id

Kabupaten Klaten juga memiliki roti khas dengan tekstur yang kasar. Tidak seperti roti lainnya yang berbahan dasar tepung, geplak terbuat dari kelapa parut yang diolah bersama gula dan pewarna makanan. Lalu dibentuk seperti bola-bola.

Wajik Klaten

wajik klaten
Source: bukabukumu.com

Makanan khas Klaten ini terbuat dari ketan dan gula merah dengan cita rasa yang manis dan sedikit gurih. Seperti kebanyakan wajik, hidangan ini bertekstur padat dan agak lengket.  Saat berkunjung ke Kabupaten Klaten, kamu bisa memilih wajik ini sebagai buah tangan yang lezat.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.