Destinasi Indonesia Sumatera

Bermain Bersama Gajah di Taman Nasional Way Kambas

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jika mendengar Way Kambas, pikiran kita akan langsung membayangkan kawanan gajah di sebuah padang rumput yang luas. Taman Nasional Way Kambas memang merupakan sebuah tempat konservasi gajah yang letaknya di Kabupaten Lampung Timur. Pengelolaan taman nasional ini sudah berlangsung sejak tahun 1985, dan menjadi sekolah gajah pertama yang ada di Indonesia.

Selain menjadi tempat konservasi gajah, Way Kambas pun menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Lampung. Tiket masuknya pun tidak mahal, hanya Rp 7.000 untuk satu orang. Di sini kita dapat melihat gajah-gajah liar dikelola oleh para mahout (pawang terlatih). Ada banyak juga hal lain yang dapat kita lakukan selama berada di dalam Way Kambas. Apa sajakah aktivitas yang dapat dilakukan? Mari simak ulasan berikut ini.

Jungle Trekking dan Memandikan Gajah

Menunggangi gajah menjadi aktivitas favorit para wisatawan yang berkunjung ke Way Kambas. Tarif paket wisata ini mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 100.000. Ada beberapa pilihan menunggangi gajah, yakni berkeliling di satu area gajah tunggang, dan ada juga fasilitas jungle trekking. Untuk paket jungle trekking, kita bisa mengunggangi gajah sambil berkeliling ke dalam hutan.

Way Kambas
Image source: Querida (flickr.com)

Gajah-gajah akan menemani kita melewati semak belukar, rawa-rawa, dan berjalan di antara pepohonan di dalam hutan. Selama menunggangi gajah, tidak perlu khawatir tersesat atau kesulitan mengontrol gajah berjalan, karena akan ada seorang mahout yang menemani selama perjalanan. Kita pun bisa mengobrol banyak dengan para pawang tentang Taman Nasional Way Kambas dan menanyakan pengalaman mereka hidup berdampingan dengan gajah-gajah di sini.

Setelah berkeliling hutan seharian penuh, selanjutnya adalah waktu bagi gajah-gajah untuk mandi. Jadwal rutin mandi mereka adalah setiap pagi dan sore hari. Para mahout akan membawa gajah-gajah ke kolam untuk dimandikan. Jangan sampai melewatkan momen ini, karena kita pun bisa ikut memandikan gajah-gajah tersebut.

Mengunjungi Elephant Respon Unit (ERU)

Elephant Respon Unit
Image source: instagram.com/nazaruddinwan

Untuk yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai konservasi gajah, tak ada salahnya untuk mendatangi kamp Elephant Respon Unit (ERU) yang letaknya berada di Tegalyoso, perbatasan Taman Nasional Way Kambas. ERU merupakan sebuah kamp yang mengangani konflik gajah liar dengan manusia di sekitarnya. Para pawang di ERU melatih beberapa gajah untuk diajak melakukan patroli agar gajah-gajah liat tidak mendekati permukiman penduduk. ERU juga melindungi gajah-gajah yang menjadi korban perburuan liar.

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.