Inspirasi Travel Tips

Lansia Bikin Paspor Terbebas Dari Antre? Begini Proses Pembuatannya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Mungkin ada sebagian dari kamu yang ingin pergi ke luar negeri bersama kakek, nenek, atau orang tua yang umurnya sudah terbilang senja. Hanya saja perkara ini akan jauh lebih sulit dilakukan karena proses membuat dokumen seperti paspor cukup melelahkan bagi para lansia.

Namun, jangan lagi merasa kesulitan dengan masalah ini. Pasalnya, sekarang membuat paspor bisa jauh lebih praktis untuk para lansia. Ditjen Imigrasi kini  memiliki program Layanan Prioritas untuk para lansia atau manula. Jadi, tidak ada lagi masalah membuat paspor begitu melelahkan dan sulit bagi para manula. Karena program ini memudahkan manula memproses dan memperoleh dokumen satu ini.

Melansir akun instagram Direktorat Jendral Imigrasi atau @ditjen_imigrasi, layanan proritas ini dikhususkan bagi para lansia yang lebih dari 60 tahun. Program ini memudahkan para manula saat mengajukan permohonan paspor. Manula yang mengajukan permohonan paspor pun bisa diwakili oleh anak atau anggota keluarga lainnya. Selain itu, dengan adanya layanan ini, pemohon tidak perlu mendaftar antrean online seperti proses pembuatan paspor lainnya. Layanan ini memberikan kebebasan untuk para lansia yang ingin membuat paspor untuk datang langsung ke Kantor Imigrasi terdekat.

Dokumen yang Perlu Disiapkan Untuk Membuat Paspor Dengan Layanan Prioritas

membuat paspor layanan prioritas
instagram.com/ditjen_imigrasi

Ketika para lansia hendak mengajukan pembuatan paspor, pastikan pemohon telah melengkapi dokumen yang diperlukan sebagai berikut:

  • e-KTP
  • Kartu keluarga
  • Akta Kelahiran/Ijazah/Buku Nikah.

Setelah semuanya telah tersedia, temui petugas imigrasi setempat dan sampaikan jika kamu akan menggunakan layanan prioritas lansia.

Sebelumnya Layanan Prioritas Telah Diberlakukan Dengan Layanan Lainnya

membuat paspor layanan prioritas
instagram.com/ditjen_imigrasi

Sebenarnya hal ini bukan hal baru bagi yang sudah biasa mengurusi dokumen imigrasi. Pasalnya, layanan prioritas lansia ini sudah diberlakukan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat sejak 3 April 2018. Menariknya, tidak hanya layanan prioritas lansia saja yang diberlakukan, ada pula layanan prioritas yang berlaku bagi para difabel. Kedua kategori ini pun dilayani di booth khusus – terpisah dengan pemohon paspor lainnya.

Abdul Rahman, selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat saat itu mengungkapkan jika layanan ini berlaku tidak hanya semata-mata ada. Melainkan layanan ini ada untuk memberikan pemahaman di kalangan masyarakat untuk menghormati manula dan penyandang difabel. Selain itu Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Barat ingin memberi kemudahan dalam pelayanan keimigrasian dan petugas untuk membantu secara proaktif.

Jadi, untuk kamu yang ingin mengajak orang tua atau kakek dan nenek kamu pelesir ke negara impian kamu sudah tidak lagi ribet. Karena kini kamu bisa membuat paspor tanpa antre untuk kakek, nenek, dan orang tua kamu. Yuk segerakan membuat paspor untuk orang-orang tercinta, agar bisa pelesiran bersama!

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.