Informasi

Bill Withers Pelantun Ain’t No Sunshine Tutup Usia, Ini Karya Terbaiknya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Generasi 90an pasti akan tahu dengan film komedi romantis Notting Hill, dibintangi oleh Hugh Grant dan Julia Robert. “Ain’t no sunshine when she’s gone and she’s always gone too long. Anytime she goes away…”. Lirik tersebut selalu hadir di beberapa adegan film populer di awal tahun 2000 ini. Musik Soul dan R&B nya yang nikmat untuk didengar dan timbre suara yang khas membuat Bill Withers sangat mudah dikenali.

Lama tak terdengar kabarnya, pada tanggal 30 Maret 2020, Bill Withers dikabarkan meniggal karena komplikasi jantung. Melansir Associated Press, pihak keluarga telah mengonfirmasi kabar tersebut langsung. Pihak keluarganya pun berharap saat situasi saat ini yang sedang sulit, karya Withers akan selalu dikenang, memberi kenyamanan, dan menghibur.

Sebelum Tutup Usia, Sepak Terjang Bill Withers di Dunia Musik Terhitung Hampir 30 Tahun Lamanya

Bill Withers, Ain't No Sunshine
Getty Images/Gilles Petard/Redferns

Withers sudah mulai menjajaki industri musik sejak tahun 1971 dan menandatangani kontrak dengan label Sussex Records pada tahun 1972. Perjalanan karir yang sudah dijalani puluhan tahun lamanya pun membuat nama musisi ini diabadikan di Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2015. Bagi kamu yang baru ingin menelusuri musik abadi milik Bill Withers, kenali beberapa karya terbaik Withers yang bisa kamu simpan di playlist kamu. Sekaligus mengenang karya mendiang Withers.

Just the Two of Us

Sudah bukan lagi hal aneh jika kamu tidak kenal lagu satu ini. Walaupun lagunya sudah sering kamu dengar, apalagi jika lagu ini adalah lagu wajib di acara pernikahan. Mungkin tidak semua tahu jika lagu ini di tulis oleh Bill Withers bersama dua rekan musisi lainnya William Salter dan Ralph McDonald. Sementara lagunya sendiri pun dinyanyikan olehnya, bersama teman duetnya Grover Washington Jr pada tahun 1980.

Lagu ini pun sempat dipopulerkan oleh beberapa artis dunia dalam versi yang berbeda. Di antaranya Bill Cosby, Eminem, dan Will Smith. Jika kamu sebelumnya sudah pernah dengar lagu ini, kamu juga perlu simpan versi aslinya.

Who is He? (And What is He to You)

Sebenarnya lagu ini bukan salah satu lagu hits milik Withers. Namun jika kamu senang mendengarkan musik khas soul, kamu bisa simpan lagu ini di playlist kamu. Lagu yang di luncurkan pada album Still Bill pada tahun 1972 ini menjadi salah satu soundtrack film milik sutradara kondang – Quentin Tarantino. Jackie Brown, salah satu film milik Quentin Tarantino yang rilis setelah Pulp Fiction, yakni pada tahun 1997.

Lovely Day

Jika kamu ingin mendengar vokal Withers yang benar-benar menantang. Kamu bisa dengar salah satu lagu Withers dari album Menagerie pada tahun 1977. Lagu yang ditulis oleh Bill Withers dengan Skip Scarborough ini pada akhirnya meledak karena bagian jelang coda lagu. Withers mencapai nada panjang dan bertahan selama 18 detik, durasi tersebut adalah durasi vokal terlama yang pernah direkam pada sebuah lagu.

Lean on Me

Masih berkutat di album kedua milikinya, Still Bill tahun 1972. Lean On Me menjadi tembang andalan pertamanya yang diluncurkan pada April 1972. Bertengger di posisi teratas Billboard Hot 100, dan lagu ini pun masuk di posisi ke 208 dalam daftar The 500 Greatest Songs of All Time versi majalah Rolling Stone. Masih mengusung tema Soul, Withers pun menulis lagu ini seorang diri. Untuk mengawali perjalanan kamu bersama Bill Withers, sebaiknya kamu masukan lagu ini.

Ain’t No Sunshine

Pecinta film jelas tidak asing lagi dengan lagu ini. Bagi yang senang film Notting Hill tentu akan selalu ingat lagu ini. Tapi, jauh sebelum Notting Hill pun lagu ini memang sudah bertengger di banyak peringkat musik. Lagu Ain’t No Sunshine ini pun menjadi salah satu lagu andalannya yang menggebrak pada langkah awal karir Withers. Salah satu tangga lagu terbaik yang pernah diraihnya adalah, single ini menduduki posisi 3 pada Billboard Hot 100 awal tahun 70an. Bagi kamu yang sudah simpan lagunya, coba dengar lagi syahdunya single ini.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.