Event

Bottlesmoker Menggelar Konser dengan Penonton Tanaman. Gimana Jadinya?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kota Bandung merupakan salah satu tempat lahirnya berbagai musisi handal. Di antaranya ada nama Bottlesmoker yang terdiri dari duo musisi elektronik, Anggung Suherman (Angkuy) dan Ryan Adzani (Nobie). Berbagai eksplorasi telah dilakukan mereka dalam penggarapan karya-karyanya.

Kali ini Bottlesmoker melakukan ‘eksperimen’ musik yang melibatkan tanaman. Mereka menggelar konser bertajuk “Plantasia” pada Sabtu, 25 Juli 2020 bertempat di Lou Belle Space, Bandung. ‘Eksperimen’ yang mereka lakukan kali ini adalah melakukan konser dengan penonton berupa puluhan tanaman.

Mempraktikan Penelitian Mengenai Musik dan Tanaman

bottlesmoker tanaman
Image credit: Bottlesmoker

Keunikan gelaran ini didasari atas pembatasan konser musik live untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). Kini berbagai gelaran musik yang mengundang banyak penonton harus terpaksa dihentikan untuk sementara. Maka dari itu, Bottlesmoker bersiasat dengan cara yang tidak biasa untuk menghadirkan tanaman sebagai pengganti manusia untuk menonton konsernya tersebut.

Konser unik ini pun merupakan praktik dari hasil penelitan mengenai pengaruh musik terhadap tanaman. Ada pola musik tertentu yang mampu memberikan dampak pada tanaman yang dapat meningkatkan pertumbuhan, kesuburan, warna daun, sel, dan lain sebagainya.

Partisipan Menitipkan Tanamannya di Venue Acara

Bottlesmoker tanaman
Image credit: Bottlesmoker

Untuk mengikuti konser ini, partisipan dapat mendaftarkan tanaman mereka dengan menghubungi narahubung atau direct message pada akun Instagram @bottlesmoker. Setelah mendaftar, para partisipan mendapatkan jadwal penitipan tanaman untuk disimpan di venue konser. Tanaman yang dihadirkan dibatasi hanya jenis tanaman rumahan saja.

Selanjutnya akan diberikan akses live streaming kepada partisipan yang telah mengikutsertakan tanamannya untuk menjadi penonton di konser Bottlesmoker ini. Setelah konser selesai, para pemilik tanaman dapat menjemput kembali tanaman-tanamannya tersebut dan mendapatkan audio file dari konser Plantasia.

Konser ini pun digelar dengan sangat intim. Dalam satu ruangan, hanya ada Angkuy dan Nobie, serta puluhan tanaman yang memenuhi ruangan. Selama konser belangsung, duo elektronik ini mengenakan jas lab berwarna putih, kontras dengan warna hijau dari dedaunan di sekitarnya.

Sebelum konser Plantasia, Bottlesmoker pernah melakukan eksperimen lain dengan melibatkan tumbuh-tumbuhan sebagai sumber bunyi. Konser kali ini pun dibuat dengan tujuan memberikan timbal balik kepada tanaman-tanaman yang merupakan bagian dari kehidupan manusia.

Baca juga Kangen Ngonser? Baca Aturan Konser Di Masa Pandemi Ini Dulu

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.