Asal-usul Destinasi Inspirasi Kuliner

Braga Permai, Warisan Kuliner dari Kerajaan Belanda di Bandung

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ketika kita jalan-jalan di Kota Bandung, memang tak boleh ketinggalan untuk mencicipi beragam kuliner yang tersedia. Di kota ini, banyak jenis kuliner mulai dari makanan dan minuman kekinian, hingga makanan tradisional. Selain itu, banyak pula tempat-tempat kuliner legendaris dari masa lalu yang masih bertahan hingga kini, seperti toko-toko kue dan roti, kedai eskrim, restoran, dan kedai kopi. Salah satu yang masih menjadi favorit para pelancong ketika traveling ke Bandung adalah restoran di sudut Jalan Braga, yakni Braga Permai.

Menu yang Disajikan di Braga Permai | Image credit: instagram.com/bragapermaibandung

Restoran Braga Permai menyajikan berbagai kudapan khas Indonesia, Tionghoa, dan Eropa. Mulai dari iga bakar, nasi goreng, hingga berbagai jenis steak, pasta, pizza, dan lainnya. Dessert seperti kue-kue kering yang dapat kamu beli pun di-display cantik pada etalase toko. Selain itu, beragam menu es krim tersedia di sini, seperti banana split, fruits sorbet, cannoli, raisin, dan masih banyak lagi.

Sejak tahun 1918

Kenapa Braga Permai begitu legendaris di Kota Bandung? Dalam buku “Braga: Jantung Parijs van Java” diceritakan bahwa restoran ini telah dibuka sejak tahun 1918. Sebelum bernama Braga Permai, pada awalnya bernama Maison Bogerijen. Baru ketika tahun 1923, Maison Bogerijen pindah ke lokasi saat ini di Jalan Braga No. 58.

Suasana Malam Maison Bogerijen | Image credit: pinterest.com

Nama Maison Bogerijen diambil dari bahasa Prancis “maison” yang berarti rumah, serta nama pemilik restoran ini, yakni L. Van Bogerijen. Maka “Maison Bogerijen” berarti rumah milik Bogerijen. Dahulu banyak sekali toko di sekitar Jalan Braga yang dinamai dengan bahasa Prancis, maka tak heran Kota Bandung dijuluki dengan “Parijs van Java” sejak masa Hindia Belanda.

Sajian Khas Kerajaan

Maison Bogerijen saat itu merupakan sebuah restoran elit, karena mendapatkan sertifikat langsung dari Ratu Belanda. Berbagai pejabat Belanda saat itu menjadi pelanggan setia di restoran ini. Dihidangkan pula menu khas Kerajaan Belanda atas seizin pihak kerajaan.

Selain menu utama, Maison Bogerijen juga menyajikan kue, coklat, es krim, dan biskuit. Aneka roti dijual di sini sebagai makanan sarapan para orang Belanda. Roti-roti tersebut dapat dibeli melalui bagian belakang restoran melewati gang di belakang Jalan Braga. Pada saat itu pun Maison Bogerijen menyediakan jasa delivery bagi pelanggan setia.

Sisa Sejarah yang Masih Ada

Suasana Braga Permai Kini | Image credit: instagram.com/bragapermaibandung

Kini bangunan lama Maison Bogerijen sudah tidak tersisa lagi. Pada tahun 1960-an, dilakukan renovasi besar-besaran karena terjadi kebakaran yang merusak bangunan lama. Hanya bagian belakang bangunan yang masih tersisa, yakni dapur dan pipa gas. Di bagian belakang tersebut terdapat pula oven tua dan pengaduk adonan di tempat pembuatan roti.

Jika mengunjungi Braga Permai masa kini, kita dapat melilhat berbagai potret hitam-putih yang menampilkan bangunannya ketika masih bernama Maison Bogerijen. Foto-foto tersebut ditampilkan pada pigura-pigura yang terpasang di dinding restoran. Selain itu, kue-kue dengan resep lama masih dapat kita nikmati hingga kini, seperti booterstaf, tompoesjes, dan speculaas almond.

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.