Destinasi Indonesia Jawa

Bromo Tengger Semeru, Wisata Jawa Timur yang Mendunia!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Nama Bromo Tengger Semeru pasti sudah akrab di telinga para pendaki gunung. Ya, itu karena wisata Jawa Timur ini merupakan salah satu gunung yang sering kali menjadi pilihan pendakian. Namun, tak hanya para pendaki, orang-orang yang tak biasa naik gunung dari beragam usia pun kini bisa menikmati wisata Gunung Bromo.

Kecantikan destinasi wisata di Jawa Timur ini membuat banyak orang berbondong-bondong datang ke sini. Maka tak heran tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Objek wisata Gunung Bromo berada di empat kabupaten, yaitu Kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo. Tinggi gunung ini 2.392 Mdpl. Selain keindahan gunungnya, masih ada lagi spot-spot menarik di sini. Penasaran? Yuk, simak ulasannya.

Gunung Bromo

wisata gunung bromo
Image Source @nabilatrip

Siapa yang tak jatuh cinta menyaksikan pemandangan indah objek wisata Bromo Tengger Semeru. Di sini kamu bisa menyaksikan keindahan sunrise dari puncak Bromo. Gunung ini merupakan gunung berapi aktif. Bentuk tubuhnya saling bertautan antara ngarai dan lembah dengan kaldera yang memiliki luas kira-kira 10 km2. Di gunung ini hidup masyarakat yang dikenal dengan nama suku Tengger. Tiap tahun suku ini selalu mengadakan upacara yang bernama Yadna Kasada atau dikenal juga dengan nama Kasodo.

Kawah

bromo tengger semeru
Image Source @faizz_photography

Wisata Gunung Bromo memiliki objek lainnya yang banyak dikunjungi pelancong, yaitu kawah. Berdasarkan cerita legenda, kawah ini merupakan hasil dari letusan Gunung Tengger. Kawah ini memiliki garis tengah kurang lebih 800 meter  dari utara ke selatan dan kira-kira 600 meter dari timur ke barat. Kamu bisa mencapak kawah dengan berjalan kaki, naik jeep atau dengan menunggang kuda.

Penanjak

wisata jawa timur
Image Source @malampah.id

Destinasi wisata Jawa Timur ini memiliki spot terkenal lainnya, yaitu penanjakan. Ada penanjakan 1 dan 2. Penanjakan 1 lebih tinggi dibanding yang 2. Spot ini merupakan tempat menyaksikan sunrise yang cantik juga lembah bertutup kabut. Umumnya pengunjung akan menggunakan jeep atau sepeda motor untuk mendaki. Jika akan menggunakan motor, hindari penggunaan jenis matic karena medan pendakiannya cukup berat.

Pasir Berbisik

wisata gunung bromo
Image Source @firyalhlf

Pasti pernah mendengar nama film dengan judul “Pasir Berbisik”? Bromo Tengger Semeru selain terkenal sebagai tempat pendakian juga terkenal dengan pasirnya. Hamparan pasir di gunung ini hampir serupa dengan padang pasir yang ada di Afrika atau Timur Tengah. Saat sunyi, kamu bisa mendengarkan sayup  bisikan suara desiaran pasir yang diterpa angin.

Bukit Cinta dan Teletubbies

bromo tengger semeru
Image Source @anafatkul

Kedua bukit yang ada di Wisata Bromo ini terkenal di kalangan pelancong yang hobi berfoto. Bukit cinta alias “Love Hills” tempat yang pas untuk menyaksikan sunrise. Saat siang tempat ini cukup panas tapi kamu bisa menyaksikan pegunungan hijau dan bukit-bukitnya.

Image Source @explorebatumalang

Bukit teletubbies merupakan objek wisata Jawa Timur yang sudah tidak asing lagi di kalangan pengunjung. Spot ini menjadi lokasi favorit para pelancong. Kamu akan menyaksikan bukit berwarna hijau yang tampak seperti karpet raksasa.

Air Terjun Madakaripura

wisata jawa timur
Image Source @eye.of.ty

Setelah lelah mendaki, kamu bisa bermain air di Air Terjun Madakaripura. Objek ini unik karena terdapat beberapa air terjun di satu tebing. Air terjunnya seperti terkurung. Sinar matahari dapat menembus masuk saat siang hari. Dinginnya air terjun cocok untuk berendam.

Baca juga Morotai, Bali Baru yang Memesona di Maluku Utara

Bromo Tengger Semeru yang kini masuk dalam 10 Bali Baru ini merupakan objek wisata Jawa Timur yang terkenal. Kamu pasti tak ingin melewatkan salah satu keindahan alam Indonesia ini, kan?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.