Kuliner

Bukan Cuma Nasi Padang, 6 Makanan Khas Minang Ini Tak Kalah Lezat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Nasi Padang menjadi salah satu kuliner Indonesia yang terkenal hingga ke luar Pulau Sumatera. Bahkan kelezatannya saja sudah mendunia lho! Tetapi sebenarnya, selain nasi Padang, ada makanan khas Minang lain yang cita rasanya tak kalah lezat juga. Contohnya ada lima makanan berikut ini yang wajib kamu cicipi saat bertandang ke Sumatera Barat, khususnya Padang:

Baca Juga:

Soto Padang

soto padang makanan khas minang yang tak kalah nikmat dari nasi padang
source: instagram.com/indahpermatarizky_

Makanan khas Minang ini merupakan salah satu jenis soto yang memiliki cita rasa nusantara. Tidak jauh berbeda dari kebanyakan soto, soto Padang berisi irisan daging. Hanya saja daging yang digunakan adalah daging sapi yang telah digoreng kemudian diberi bihun sebelum disiram dengan kuah kaldu sapi. Sebagai pelengkap hidangan ada perkedel dan kerupuk untuk menambah cita rasanya.

Dendeng Batokok

dendeng batakok
source: instagram.com/dapur_ummuhanifsaif

Ini merupakan daging sapi yang telah dibumbui kemudian diolah dengan cara dipukul-pukul hingga pipih. Makanya makanan khas Minang ini diberi nama dendeng batokok karena tokok sendiri memiliki arti memukul dalam Bahasa Minang. Sekilas memang mirip dengan dendeng balado, hanya saja dendeng batokok menggunakan bumbu lado mudo, yaitu cabai hijau, bawang merah, tomat hijau, dan garam yang diuleg kasar. Meskipun begitu, dendeng ini bisa kok dilumuri dengan sambal balado.

Gulai Itiak

gulai itiak tak kalah nikmat dari nasi padang
source: instagram.com/gulaiitiak.unipia

Jenis gulai ini merupakan makanan yang populer asal Padang. Berbahan dasar itik, gulai itiak dibumbui denga cabai hijau, laos, kunyit, daun jeruk, daun salam, dan jahe. Makanan khas Minang ini menggunakan daging itik muda atau yang usianya di bawah enam bulan. Menggunakan itik muda karena dagingnya empuk dan lembut saat dikonsumsi.

Kalio Daging

kalio daging makanan khas minang
source: instagram.com/dapurbubuntb

Kuliner ini berupa rendang yang masih setengah jadi sehingga warnanya pun masih kecokelatan dibanding rendang yang berwarna cokelat kehitaman. Kalio daging juga memiliki tekstur yang lebih basah dan lengket. Makanan khas Minang ini juga menjadi salah satu hidangan favorit yang tak kalah lezatnya dengan nasi Padang.

Ikan Asam Padeh

ikan asam padeh
Source: instagram.com/ajoe_chan

Kalau makanan khas Minang yang satu ini berbahan dasar ikan tongkol atau patin yang diolah bersama bumbu khas daerah tersebut. Memiliki cita rasa yang asam dan pedas, tak heran bila kuliner ini diberi nama asam padeh. Kombinasi dua rasa itu tentunya membuat ikan asam padeh semakin membangkitkan selera makan kamu, kan?

Sate Padang

sate padang
Source: instagram.com/cabemicin

Sebenarnya sate Padang memiliki dua jenis, yaitu sate Padang Panjang dan sate Padang Pariaman. Keduanya memang berbahan dasar jeroan sapi, tapi yang membedakannya adalah warna bumbu kacangnya. Bila sate Padang Panjang memiliki kuah atau bumbu kacang yang berwarna kekuningan, sedangkan sate Padang Pariaman kuahnya berwarna kemerahan. Namun, apapun jenisnya, kedua makanan khas Minang tersebut pastinya tak kalah lezat dengan nasi Padang.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.