Destinasi Jawa

Candi Prambanan: Salah Satu Candi Hindu Terbesar di Asia Tenggara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jika Provinsi Jawa Tengah memiliki Candi Borobudur yang sudah mendunia, Daerah Istimewa Yogyakarta juga punya candi yang tak kalah terkenal, yaitu Candi Prambanan. Kedua candi ini sudah dinyatakan sebagai warisan budaya dunia semenjak tahun 1991. Berbeda dengan Borobudur yang adalah candi Buddha, Prambanan merupakan kompleks candi Hindu. Candi ini juga merupakan candi Hindu terbesar wilayah Asia Tenggara selain Angkor Wat.

Sejarah Candi Prambanan

candi prambanan, daerah istimewa yogyakarta
Candi Prambanan – Unplash.com/Afif Kusuma

Berbicara tentang Candi Prambanan yang terletak di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pasti tidak akan lepas dari cerita Roro Jonggrang. Sebenarnya ada versi lain mengenai asal-usul dari Prambanan ini. Menurut sejarahnya, pembangunan candi ini dimulai oleh Rakai Pikatan yang adalah raja dari Wangsa Sanjaya. Rakai Pikatan adalah seorang Raja Mataram Kuno. Awal pembangunannya dimulai kira-kira 850 tahun yang lalu dan kemudian dikembangkan serta diperluas pada masa kerajaan Medang Mataram oleh Balitung Maha Sambu. Dari Prasasti Shivagrha didapatkan informasi bahwa candi ini dibangun sebagai penghormatan kepada Dewa Siwa, sang dewa tertinggi. Ketika Mpu Sindok yang adalah raja terakhir dari Wangsa Sanjaya memutuskan untuk memindahkan pusat kerjaaan ke daerah Jawa Timur, pembangunan candi ini pun ditinggalkan dan akhirnya hancur. Di tahun 1733 seorang berkebangsaan Belanda yang bernama CA. Lons menemukan candi ini. Pemugaran candi yang serius mulai dilakukan pada tahun 1930-an dan berlanjut hingga tahun 1993 yang dilakukan oleh putra Indonesia.

Kompleks Candi

Bangunan Candi Prambanan yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta ini menghadap ke arah timur sehingga gerbang timur menjadi pintu masuk utama candi ini. Selain gerbang timur, terdapat 3 gerbang pintu lain yang sesuai dengan empat arah mata angin. Adapun kompleks candi ini meliputi:

  • 3 Candi Trimurti, yaitu Candi Brahma, Siwa dan Wisnu
  • 3 Candi Wahana, yaitu Candi Garuda, Nani dan Angsa
  • 2 Candi Apit, berada di antara jajaran candi-candi Trimurti dan Wahana yang ada di sisi utara dan selatan
  • 4 Candi Kelir, berada di empat penjuru mata angin. Lokasi tepatnya ada di balik pintu masuk zona inti atau halaman dalam
  • 4 Candi Patok, berada di 4 sudut zona inti atau halaman dalam
  • 224 Candi Perwara, terdiri dari 4 barisan konsentris dari bagian terdalam sampai terluar: 44, 52, 60 dan 68.

Jadi secara total terdapat 240 candi di kompleks Candi Prambanan.

Pertunjukan Sendratari Ramayana

candi prambanan, daerah istimewa yogyakarta
Sendratari Ramayana – Instagram @customnusantara

Di Candi Prambanan ini ada pertunjukan Sendratari Ramayana yang merupakan versi live dari cerita di relief yang ada di candi. Pertunjukan ini merupakan perpaduan antara drama dengan tari tanpa disertai dialog. Pertunjukan ini semakin terasa keindahannya dengan adanya candi sebagai latarnya. Pagelaran ini diadakan tiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Untuk menonton pertunjukan ini wisatawan bisa memilih pertunjukan di panggung tertutup atau terbuka. Acara dimulai pukul 19.30 – 21.30 WIB. Tiket untuk menonton pertunjukan ini dibandrol sebesar Rp450.000 untuk VIP Class, Rp300.000 untuk Special Class, Rp200.000 untuk 1st class dan Rp150.000 per orang untuk 2nd class panggung terbuka. Adapun tiket masuk ke kawasan candi adalah Rp50.000 untuk orang dewasa saat weekday dan weekend dan Rp25.000 untuk anak-anak yang berusia 3-10 tahun.

Baca juga:

Jika kamu penyuka wisata budaya, pastikan untuk tidak melewatkan kunjungan ke Candi Prambanan yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.