Travel Tips

Cara Agar Bebas Virus Corona Saat Menggunakan Pesawat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Memasuki era new normal, kini masyarakat pun akan terbiasa hidup berdampingan dengan virus corona atau covid-19. Kebijakannya dimulai dengan perlahan-lahan dibukanya kembali sektor transportasi yang sudah berapa lama ini ditutup. Hal ini tentunya berlaku juga untuk transportasi jenis udara. Sejumlah maskapai mulai kembali membuka rute penerbangan dengan penerapan sejumlah protokol kesehatan.

Meski begitu, wajar adanya jika kamu masih merasa was-was karena pada transportasi umum berpotensi membuatmu bertemu dengan banyak orang. Karena itu, kamu bisa terbang aman dari ancaman virus covid-19, sebaiknya kamu memperhatikan hal-hal di bawah ini.

Selalu Cek Kondisi Kesehatan

Cara Agar Bebas Virus Corona Saat Menggunakan Pesawat
doc. Francisco Venâncio

Apabila tidak ada keperluan yang sangat mendesak, sebaiknya tidak disarankan untuk bepergian. Kamu bisa saja memiliki risiko terhadap virus corona yang tinggi jika melakukan perjalanan. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan yaitu tetap berada di dalam rumah. Elizabeth Scott selaku profesor biologi di Simmons University mengatakan kamu berada dalam kategori berisiko tinggi jika dilihat dari umur dan status kesehatan.

Menggunakan Face Shield

Cara Agar Bebas Virus Corona Saat Menggunakan Pesawat
nytimes.com

Masker merupakan satu benda yang sama sekali tidak boleh kamu lupakan. Di samping itu, sebagai lapisan tambahan, International Air Transport Association (IATA) merekomendasikan untuk penggunaan face shield bagi penumpang ataupun awal kabin. Face shield akan lebih melindungi kamu saat pemakaiannya dikenakan bersamaan dengan masker penutup mulut dan hidung. Hal ini juga efektif menurunkan risiko penularan covid-19 melalui batuk atau bersin. Perlu kamu pahami, risiko terbesar ketika duduk di pesawat yaitu tertularnya virus melalui orang-orang yang duduk tepat di sebelahmu.

Selalu Sedia Hand Sanitizer dan Tisu Basah

Cara Agar Bebas Virus Corona Saat Menggunakan Pesawat
pinterest.com/eatdrinkbetter.com

Sangat penting untuk membersihkan area tempat kamu duduk dengan tisu basah maupun desinfektan dalam kemasan semprot. Hal ini didasari karena virus bisa bertahan di permukaan dalam waktu yang cukup lama. Selalu membawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal mencapai 60 persen. Pemakaian hand sanitizer juga akan mampu meminimalisir kunjunganmu ke toilet yang bisa saja membawa lebih banyak risiko penularan.

Melakukan Riset Mengenai Maskapai yang Hendak Kamu Gunakan

flickr.com/franganillo

Terlebih dahulu riset maskapai dan lihatlah cara mereka melindungi penumpang beserta awak kabin. Sudah banyak maskapai yang telah memberikan informasi seputar covid-19 pada laman resminya. Untuk menghindari kerumunan orang banyak disaat menaiki pesawat, direkomendasikan agar memilih penerbangan yang menerapkan pembatasaan bawaan yang cukup ketat. Di samping itu juga, perhatikan kebijakan mengenai penggunaan masker dan face shield. Penggunaan masker dan face shield disarankan dilakukan saat hendak naik, selama penerbangan dan di saat turun.

Mengurangi Interaksi saat di Bandara

man sitting on gang chair with feet on luggage looking at airplane
Jeshoots.com

Penularan virus pada saat di bandara justru lebih berisiko ketimbang saat duduk di pesawat. Interaksi dengan orang lain sepertinya cukup sulit dihindari terlebih di saat mulai check in hingga boarding. Meskipun demikian, ada beberapa tips untuk mengurangi interaksi dengan calon penumpang lain. IATA mendorong agar penumpang mencetak boarding pass di rumah atau cukup ditunjukan via ponsel.

Menjaga Jarak dengan Orang Lain

Meskipun terkesan cukup sulit untuk dilakukan, sebisa mungkin kamu benar-benar harus menjaga jarak fisik dengan orang lain. Disarankan juga untuk membeli tiket penerbangan di luar peak flight atau jam puncak. Perhatikan maskapai yang menawarkan penerbangan dengan batasan penumpang dan jarak dari antar penumpang.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.