Travel Tips

Tidak Jadi Mudik, Ini Cara Mudah Lakukan Pembatalan Tiket Kereta

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi yang sudah siap antisipasi tiket mudik, mungkin rencana mudik tahun ini tidak sesuai harapan. Bahkan tidak sedikit orang yang mempunyai rencana mudik menggunakan transportasi umum, kebingungan dengan uang yang mereka sisihkan untuk membeli tiket lebih awal. Setelah kebijakan setiap daerah mencanangkan pelarangan mudik di tahun ini, tidak sedikit pula pemesanan tiket kereta dibatalkan karena pandemi virus corona.

Bagi kamu yang sudah pesan tiket kereta untuk mudik, namun bingung untuk membatalkannya. Tidak perlu lagi risau, pasalnya pembatalan tiket bisa kamu lakukan melalui KAI Access. Untuk pembatalan tiket kereta lewat KAI Access atau online bisa kamu lakukan di jam berapapun. Untuk tips, kamu bisa ikuti beberapa langkah berikut. Jadi, tidak ada lagi bingung untuk melakukan pembatalan atau refund tiket kereta.

Buka Aplikasi Mobile KAI Access Kamu

Tidak Jadi Mudik, Ini Cara Mudah Lakukan Pembatalan Tiket Kereta
indonesia.go.id

Kamu bisa unduh aplikasi KAI Access di ponsel kamu. Kemudian buka aplikasi dan login. Setelahnya kamu pilih My Trips pada bagian menu, dan klik kode booking tiket kamu yang akan dibatalkan.

Jika sebelumnya kamu melakukan transaksi pada aplikasi pemesanan lain, kamu juga bisa melakukan pembatalan melalu aplikasi KAI Access. Kamu cukup masukkan nomor identitas pada tiket yang dipesan sesuai dengan yang terdaftar pada KAI Access.

Lakukan Pembatalan Dengan Klik Pembatalan

Setelah E-Ticket milik kamu sudah tertera pada layar, selanjutnya kamu klik Pembatalan. Kamu juga bisa melakukan ini maksimal 24 jam sebelum keberangkatan kereta. Jadi jika kamu kedepannya kira-kira akan menghadapi masalah yang serupa, kamu bisa lakukan di waktu yang pas dan 24 jam sebelum pemberangkatan.

Masuk ke Laman Persetujuan

Saat opsi pembatalan sudah dilakukan, selanjutnya pilih nama penumpang yang perjalanannya dibatalkan. Kemudian klik Selanjutnya untuk masuk ke laman persetujuan. Lalu kamu klik setuju sampai centang muncul.

Isi Data Bank Untuk Proses Refund

Biaya tiket yang sudah kamu batalkan akan dikembalikan melalui proses transfer. Untuk itu kamu perlu mengisi akun rekening kamu dengan tepat. Setelah kamu masukkan, pastikan data yang kamu isi sudah akurat. Setelah kamu sudah lakukan pengisian data rekening, pengembalian tiket akan diproses setelah 30 hingga 45 hari.

Pembatalan Pun Berhasil

Setelah proses tersebut sudah dilakukan, klik Konfirmasi dan Lanjutkan, maka pembatalan tiket kereta kamu berhasil dan tinggal tunggu uang kamu kembali. Biaya pembatalan tiket kamu pun akan dikembalikan dengan potongan biaya administrasi sebesar 25% dari harga tiket kereta di luar bea pesan.

Mudah kan? Hayo siapa yang belum melakukan pembatalan berangkat mudik menggunakan kereta? Demi keamanan bersama menghadapi virus corona, sebaiknya untuk tahun ini jangan dulu mudik ke kampung halaman dulu ya!

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.