Travel Tips

Keamanan Bandara Memang Ketat, Begini Agar Pemeriksaannya Lancar!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pelesiran seru pun terkadang masih ada saja prosedur yang harus dilewati. Apalagi kalau menggunakan moda transportasi udara, salah satunya saat diperiksa di bagian keamanan bandara. Mungkin bagi yang pernah atau biasa menggunakan pesawat, gate satu ini cukup merepotkan. Biasanya saat kamu harus melewati gate kemanan, kamu akan diperiksa secara ketat. Bahkan hingga koper yang akan kamu bawa, akan diperiksa ketat.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, upaya tersebut dilakukan agar tidak ada barang yang dianggap bahaya saat menaiki pesawat. Memang pemeriksaan di gate keamanan bandara terbilang ribet. Untuk itu, supaya kamu tidak kewalahan dan melewati gate keamanan bandara dengan cepat. Kamu bisa lakukan upaya berikut saat pemeriksaan barang bawaan pada gate keamanan bandara.

Pindahkan Alat Mandi atau Perlengkapan Perawatan Diri ke Wadah Kecil

@devotedtodew

Sejak tahun 2006, sudah ada kebijakan bahwa penumpang pesawat dilarang membawa barang cairan ke dalan kabin lebih dari 100ml. Untuk itu, sebelum berangkat – tepatnya saat packing, pastikan semuanya sudah kamu pindahkan. Kamu bisa memindahkan sampo, sabun, parfum, dan lainnya ke dalam kemasan travel size.

Selalu Bawa Tas Kecil Untuk Menaruh Dokumen Penting

tips menghadapi petugas imigrasi
pixabay.com

Saat di gate keamanan bandara, kamu harus memperlihatkan dokumen pada petugas keamanan. Untuk itu, dokumen penting mulai dari visa, paspor, hingga tiket pastikan kamu taruh di tas kecil. Tas kecil yang kamu gunakan untuk dibawa bersamamu saat di kabin akan bermanfaat bagi dokumen penting kamu. Sehingga kamu tidak perlu membongkar tas besar untuk mengambil dan menaruh dokumen tersebut. Bahkan dengan begitu, kamu tidak membuat antrean pemeriksaan lama, karena dokumen yang kamu simpan mudah dijangkau.

Gunakan Pakaian yang Santai dan Hindari Mengenakan Aksesoris

agar lancar saat di keamanan bandara
wallpaperflare.com

Selain masalah barang yang tidak kamu perkenankan bawa, masalah pakaian pun bisa menjadi hambatan pemeriksaan. Akesoris seperti sabuk dan jam tangan saat pemeriksaan perlu dilepas, tentu akan memakan waktu lama. Daripada kamu harus bolak-balik pasang sabuk dan jam tangan saat di gate keamanan, sebaiknya gunakan pakaian yang santai dan simpan aksesoris kamu untuk sementara. Lagipula, dengan menggunakan pakaian santai, tentu akan terasa lebih nyaman saat di perjalanan bukan?

Jangan Membereskan Koper Berantakan Kamu di Antrean Pemeriksaan

Pixabay.com

Memang repot jika koper kamu ternyata harus dibongkar oleh petugas saat pemeriksaan. Hal yang bikin repot di antaranya merapikan koper yang sudah dibongkar petugas. Jangan sampai kamu merapikannya di barisan gate keamanan, atau di bagian terdekat gate. Saat kamu hendak membereskan koper, sebaiknya kamu bawa koper kamu dalam kondisi apa adanya untuk menjauh dari antrean. Setelahnya kamu bisa mulai merapikan koper kamu. Jika kamu tidak begini, kamu bisa menghambat antrean yang lain.

Hindari Kebiasaan Mendorong Koper Orang Lain Saat Antre

agar lancar saat di keamanan bandara
uk.movies.yahoo.com

Mungkin kebiasaan ini membantu orang lain dan petugas agar proses pemeriksaan cepat. Tapi jangan dibiasakan oleh kamu. Walaupun kesannya membuat pekerjaan semakin cepat, nyatanya sikap ini cukup mengganggu dan terkesan tidak sopan. Bahkan tidak semua orang merasa baik-baik saja saat barang pribadinya disentuh oleh orang lain. Untuk itu, saat kamu sedang berada di gate keamanan bandara harus lebih sabar lagi.

Saat Menghadapi Petugas, Jadilah Apa Adanya. Tidak Perlu Adu Argumen, Menyembunyikan Barang, Apalagi Bercanda Mengenai Hal Sensitif

agar lancar saat di keamanan bandara
airportmovement.com

Mengantre di bagian pemeriksaan tentu memakan waktu lama, bahkan untuk antre saja sudah cukup melelahkan. Jika pada akhirnya kamu harus berurusan dengan pihak keamanan bandara, cukup turuti apa yang diminta. Kalau kamu memang kelupaan membawa sesuatu yang dilarang, tidak perlu juga adu argumen. Apalagi kalau harus menyembunyikannya, karena kamu bisa dapat denda yang tidak main-main. Selain merugikan kamu, antrean panjang pun akan terhambat karena kamu. Apalagi kalau kamu melontarkan lelucon mengenai bom atau bercanda hal lainnya, salah-salah kamu juga bisa kena denda serta hukuman.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu agar pemeriksaan di bagian keamanan bandara lancar tanpa hambatan. Jangan sampai kamu kelupaan, agar pelesir kamu tetap nyaman!

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.