Inspirasi Travel Tips

Begini Cara Membuat Itinerary Untuk Kamu yang Baru Akan Pelesir

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi kamu yang suka jalan-jalan, mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya itinerary. Tapi bagi kamu yang baru saja menyentuh seputar gaya hidup traveling atau pelesir ini, sebenarnya apa sih itinerary? Itinerary atau rencana perjalanan adalah daftar kegiatan yang akan kamu lakukan selama liburan atau pelesir. Adanya itinerary dapat membantu kamu supaya perjalanan menjadi tersusun rapi, terencana maksimal, dan tidak ada destinasi menarik yang akan terlewat. Untuk merencanakan perjalanan maksimal dan efisien, ada cara yang bisa kamu lakukan. Karena cara ini bisa dilakukan bagi kamu yang baru saja merencanakan liburan untuk pertama kalinya.

Kumpulkan Informasi Mengenai Destinasi Pilihanmu Selengkap Mungkin

cara membuat itinerary
Gambaran Itinerary – flickr.com/hey__paul

Menyusun itinerary bukan hanya menyusun waktu dan destinasi saja, lho! Dengan kamu membuat rencana perjalanan yang akan kamu lakukan adalah mencari segala informasi mengenai destinasi yang akan kamu datangi. Mulai dari tiket transportasi, akomodasi, destinasi wisatanya, hingga  rute yang sebaiknya kamu lalui saat melancong. Jadi pastikan kamu sudah melakukan berbagai riset untuk membuat itinerary yang matang.

Setelah Melakukan Riset Perjalanan Selanjutnya Membuat Daftar Kegiatan

cara membuat itinerary
Susun rencana dan lakukan riset untuk menyusun itinerary – pixabay.com

Setelah kamu sudah mendapatkan berbagai informasi mengenai destinasi pilihan kamu, kini waktunya kamu membuat daftar kegiatan. Kamu bisa masukkan beberapa kegiatan menyenangkan yang bisa kamu lakukan sesampainya di sana. Tulislah beberapa destinasi wisata, kuliner khas, serta acara lokal yang bisa kamu sambangi. Dengan begitu kamu tidak akan terlewatkan hal menarik saat melancong.

Agar Tidak Lama Mencari Atau Tersesat, Tandai Destinasi Pilihanmu di Maps

cara membuat itinerary
Tandai tempat di itinerary pada Maps – pexels.com

Selama perjalanan, aplikasi Maps akan sangat berguna untuk kamu. Maka dari itu, kamu perlu menandai beberapa destinasi yang sudah kamu tulis di itinerary. Sehingga sesampainya di lokasi, kamu tidak lagi kebingungan dan tinggal mengeksekusi seluruh rencana yang tercantum di rencana kamu. Selain itu, dengan menyimpan seluruh titik yang akan kamu kunjungi di Maps, acara melancong kamu jadi lebih efisien. Kamu juga akan jauh menghemat waktu daripada kamu sama sekali tidak mempersiapkan rute perjalanan sebelumnya.

Atur Bujet Kamu Agar Kebutuhan Kamu Tetap Terpenuhi Tanpa Mengeluarkan Uang Lebih

Atur bujet agar itinerary kamu terpenuhi – pixabay.com

Saat merencanakan liburan tentunya kamu sudah memiliki standar sendiri, bagaimana liburan kamu nanti. Entah mungkin nantinya kamu akan menikmati kuliner dan hotel mewah di tempat tersebut. Atau mungkin kamu justru ingin mencoba sesuatu yang baru di tempat pelosok lainnya di destinasi tersebut. Apapun bentuk liburan kamu, pastikan kamu sudah mengatur keuangan dengan baik, sehingga tidak terjadi pengeluaran berlebih atau overbudget. Jangan lupa catat seluruh perhitungan budget kamu ke dalam rencana kamu.

Walau Ada Itinerary, Jangan Sampai Perjalanan Kamu Kaku. Tetaplah Fleksibel

Jangan terlalu kaku dengan itinerary – unsplash.com

Fungsi itinerary pada perjalanan kamu adalah sebagai guide agar kegiatan melancong kamu tetap on the track. Tapi, jangan sampai satu trip terlewatkan malah membikin kamu stress. Tetap tenang dan hal tersebut memang wajar. Faktanya, ketika rencana kamu benar-benar di luar prediksi, hal tersebut masih sangat wajar. Karena saat kamu eksekusi rencana yang telah kamu susun, kondisi perjalanan sangat dinamis. Maka, jika kamu memang sudah tidak ada waktu untuk menyelesaikan rencana waktu. Lakukan kegiatan tersebut esok hari, atau kamau waktu kamu begitu sempit, carilah alternatif lain yang sederhana namun berkesan di lokasi tersebut.

Nah, sudah terbayang kan apa saja yang perlu kamu lakukan saat menyusun itinerary? Jadi, mau ke mana kamu di liburan ini?

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.