Inspirasi Travel Tips

Begini Membuat Visa Bagi yang Akan ke Luar Negeri Pertama Kalinya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi kamu yang akan bertolak ke negara seperti Amerika Serikat, Jepang, atau bahkan ke negara Islandia tidak cukup hanya berbekal paspor. Kamu perlu memiliki visa sebagai pendamping paspor kamu. Bagi kamu yang masih bingung atau bahkan awam dengan dokumen satu ini penting sekali untuk tahu apa fungsinya. Visa satu ini perannya hampir seperti surat izin yang memperbolehkan kamu masuk atau tidak di negara tujuan. Dokumen ini pun nantinya akan mendampingi paspor kamu selama pemeriksaan di imigrasi. Jadi, selain mengurusi paspor, kamu perlu juga membuat dokumen ini. Bagi kamu yang masih tidak tahu bagaimana cara membuat visa, intip caranya seperti berikut.

Pelajari Terlebih Dahulu, Kemudian Daftar dan Jadwalkan Wawancara Kamu Untuk Verifikasi Data

Sebelum kamu merencanakan membuat visa, kamu bisa kunjungi terlebih dahulu website negara tujuan. Setelah kamu sudah masuk ke website yang dituju, kamu akan masuk ke landing page website organisasi atau Kedutaan Besar dari negara tersebut. Di sanalah kamu diharuskan mengisi data diri dan reservasi jadwal verifikasi.

Kemudian, setelah kamu mengisi form data, kamu akan mendapat email mengenai waktu wawancara atau verifikasi. Perlu kamu ketahui juga, ada beberapa negara yang mewajibkan pembayaran di muka sebelum verifikasi atau wawancara. Sebut saja Amerika Serikat, yang perlu kamu masukkan nomor slip setelah kamu melakukan pembayaran di muka.

Kamu pun perlu tahu bahwa tidak semua kedubes mewajibkan sesi wawancara saat proses verifikasi data. Namun bagi negara-negara yang tidak melakukan sesi wawancara, akan ada verifikasi dokumen. Maka, pastikan kamu sudah pelajari betul bagaimana sistem pembuatan visa di negara masing-masing ya!

Siapkan Dokumen Lengkap Selagi Menunggu Proses Verifikasi

Cara membuat visa
pixabay.com

Saat kamu menunggu hari verifikasi dokumen, jangan sampai santai-santai. Kamu perlu periksa dan lengkapi beberapa syarat dokumen lainnya. Berikut dokumen yang perlu kamu siapkan selagi menunggu verifikasi dokumen dan wawancara.

  • Paspor dan fotokopi yang masih aktif, minimal enam bulan sebelum expired.
  • KTP dan fotokopi. Kalau belum jadi, gunakan resi KTP sementara dilengkapi surat domisili.
  • Formulir permohonan yang bisa diakses melalui website Kedutaan Besar masing-masing.
  • Foto dengan format negara tujuan. Disarankan menggunakan pakaian formal dan berkerah, tanpa kacamata.
  • Bukti pembayaran visa hal ini khusus untuk negara yang diharuskan membayar di muka, seperti Amerika Serikat.
  • Surat Keterangan Sponsor yang berisi rekomendasi atau undangan dari pihak di negara tujuan.
  • Surat Keterangan Kerja atau Belajar, khusus untuk kamu yang mengajukan kunjungan sementara. Untuk yang Surat Keterangan Belajar, kamu bisa menyertakan surat rekomendasi universitas serta fotokopiannya.
  • Dokumen keuangan dan fotokopi menunjukkan kamu mampu melakukan perjalanan luar negeri.
  • Jadwal perjalanan dan tiket pesawat, tergantung dari tujuan negaranya.
  • Surat Keterangan Kesehatan tergantung setiap negara tujuan. Pastikan kamu juga sudah mempelajari ini di negara tujuan kamu.

Serahkan Seluruh Dokumen ke Lokasi Verifikasi Wawancara yang Diminta

cara membuat visa
travelvisa.ng

Saat kamu sudah melengkapi dokumen tersebut, kamu bisa serahkan seluruh dokumen ke lokasi varifikasi yang diminta. Biasanya kamu akan diminta datang ke Kedutaan Besar negara yang akan kamu datangi untuk diminta verifikasi atau wawancara.

Di sini, setelah kamu melampirkan dokumen lengkap, kamu akan melakukan transaksi atau pembayaran visa. Namun bagi beberapa negara tertentu yang memberlakukan pembayaran visa di muka, kamu tidak perlu membayar lagi.

Tunggu Proses Pengambilan Visa

cara membuat visa
mzv.cz

Setelah kamu sudah melakukan seluruh prosesnya, kamu tinggal tunggu prosesnya. Visa akan diproses selama empat hari kerja yang nantinya akan ada notifikasi atau pemberitahuan perihal perkembangan visa. Jadi kamu tidak perlu risau dengan nasib visa kamu. Jika proses pembuatan visa telah selesai, kamu pun akan diberi notifikasi dan kamu bisa kembali ke kantor yang ditunjuk untuk pengambilan visa.

Baca juga:

Bagaimana? Mudah kan? Jangan lagi risau, yuk mulai dari sekarang menabung untuk ke Negeri impian kamu! Semoga membantu dalam persiapan pelesir kamu ke luar negeri!

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.