Teknologi

Cara Menggunakan Aplikasi Couchsurfing untuk Traveler Wanita

Pinterest LinkedIn Tumblr

Aplikasi Couchsurfing adalah platform online yang menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia melalui pertukaran budaya dan keramahan dari anggota lainnya. Couchsurfing dapat membantu kamu menghemat uang untuk akomodasi. Tapi bukan itu saja yang menarik dari aplikasi ini.

Kamu bisa mendapatkan teman-teman baru dari berbagai tempat di dunia. Namun sebagai wanita yang melakukan solo traveling, kamu mungkin memiliki potensi lebih besar menjadi korban suatu tindak kejahatan.

Hindari hal-hal yang tidak diinginkan saat menggunakan aplikasi Couchsurfing dengan melakukan tips dan trik berikut ini:

Gunakan referensi yang tersedia dalam aplikasi Couchsurfing

Kamu mungkin masih merasa khawatir untuk bertemu dengan orang yang belum kamu kenal. Apalagi orang tersebut berasal dari daerah atau bahkan negara lain. Tapi dengan memanfaatkan fitur referensi dalam aplikasi ini, kamu bisa membaca profil anggota dari daerah lain dengan mudah. Bahkan kamu bisa membaca komentar anggota lain dalam profil tersebut.

Percayai insting kamu

Jika kamu merasa tidak nyaman atau tidak aman dengan seseorang dari aplikasi Couchsurfing ini, sebaiknya cari lagi anggota lainnya. Tidak perlu merasa kamu sudah bertindak kasar pada anggota di Couchsurfing tersebut. Jelaskan batasan kamu agar anggota lain bisa memahaminya. Kenyamanan dan keselamatan kamu adalah hal yang utama.  Jika kamu merasa tidak nyaman untuk tinggal bersama seseorang dari daerah lain, cobalah untuk memilih keluarga atau pasangan dalam aplikasi ini.

Siapkan rencana cadangan

Sumber: Unsplash.com/Glenn Carstens-Peters

Saat mendapatkan teman dari Couchsurfing, kamu mungkin tidak bisa langsung dekat dengannya. Bisa jadi kamu tidak bisa tinggal bersamanya. Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya buat rencana cadangan untuk tempat kamu menginap.

Temukan hotel atau penginapan terdekat atau host lain saat kamu tiba di lokasi tujuan. Jika memungkinkan, tidak perlu meminta host untuk menjemput kamu. Jika ada acara Hangout sesama anggota yang tergabung dalam aplikasi Couchsurfing, cari tahu lokasinya sebelum datang ke sana.

BACA JUGA:

Cari tahu budaya setempat sebelum bepergian

Tips yang satu ini adalah hal penting yang harus kamu lakukan. Pastikan kamu mengetahui perbedaan budaya dan agama, topik sensitif, dan rekomendasi keselamatan umum untuk setiap tempat yang kamu kunjungi.

Dengan mengenal budaya setempat, kamu bukan hanya bisa lebih mudah mengakrabkan diri dengan host kamu, tapi juga kamu bisa terhindar dari tindak kekerasan. Siapa yang tahu apa yang akan dilakukan warga setempat jika kamu dianggap menghina tradisi mereka.

Amankan informasi penting kamu

Jangan pernah memberikan nomor telepon atau alamat email kamu kepada orang baru sampai kamu bertemu dan merasa nyaman dengannya. Gunakan hanya situs web dan aplikasi seluler untuk berkomunikasi. Mengkonfirmasi perjalanan dan berkomunikasi hanya melalui aplikasi Couchsurfing membantu tim Couchsurfing mengidentifikasi masalah tersebut dan bereaksi dengan cepat.

Tinggalkan referensi untuk anggota lain

Menceritakan pengalaman kamu lewat aplikasi Couchsurfing bisa membantu anggota lainnya untuk menentukan pilihan. Jangan lupa juga untuk melaporkan pengalaman buruk kamu saat bersama dengan host atau saat kamu menjadi host untuk anggota lainnya.

Apakah aplikasi ini gratis?

Couchsurfing – http://lawrencechang.info/

Untuk bisa menggunakan fitur lengkap dari aplikasi Couchsurfing ini, sejak Mei 2020, setiap anggota harus membayar sebesar $2.39/bulan.

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.