Kuliner

Cari Menu Sarapan Pagi? Makanan Khas Cirebon Ini Bisa Jadi Pilihan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Menu sarapan pagi ini apa, ya? Sering nggak kamu kebingungan saat mau makan pagi? Ini biasanya dirasakan sama mereka yang tinggal di tempat kos atau yang rumahnya jauh dan harus cepat-cepat pergi ke kantor atau ke kampus. Kalau kamu kebingungan, coba deh menu sarapan ini, makanan khas Cirebon. Pernah dengar nasi jamblang atau nasi lengko? Itu adalah beberapa menu makanan dari kota yang punya julukan kota berintan. Menu lainnya akan dibahasa di Holamigo berikut. Yuk, simak.

Nasi Jamblang

sarapan pagi
Nasi Jamblang – Travelblog.id/Ikrom Zain

Di Solo dan Jogja ada angkringan dan menu populernya adalah nasi kucing. Di kota Cirebon pun ada menu makanan yang mirip dengan di dua kota tersebut, yaitu nasi jamblang. Makanan khas Cirebon ini bisa kamu jadikan menu untuk sarapan pagi. Persamaan nasi jamblang dengan nasi kucing terletak di porsi nasinya. Perbedaannya  nasi jamblang tidak dijajakan dengan menggunakan gerobak seperti nasi kucing. Nasi jamblang berisi secentong nasi ditambah lauk yang beragam, seperti telur bulat pedas,telur dadar, tahu dan tempe bacem, ayam, daging sapi, perkedel, udang goreng, rendang dan lain-lain. Kuliner khas Cirebon ini mantap sekali jika disantap saat sudah dingin. Kamu bisa mencium aroma daun jati pembungkus nasi yang menjadi ciri khasnya saat dingin.

Nasi Lengko

sarapan pagi
Nasi Lengko – Travelblog.id/Atin Nuratikah

Makanan khas Cirebon lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai menu sarapan pagi adalah nasi lengko. Menu ini kaya akan kandungan protein nabatinya. Sekilas, bentuk makanan ini mirip dengan nasi pecel. Nasi ini dihidangkan dengan lauk-pauk yang beragam, ada tahu goreng, tempe goreng, tauge, mentimun, bawang goreng kucai, yan kemudian disiram dengan sambal kacang yang nikmat. Kalau nasi jamblang enak dimakan saat dingin, nasi lengko kebalikannya. Nasi ini enak disantap saat hangat.

Docang

sarapan pagi
Docang – Travelblog.id/Atin Nuratikah

Sajian kuliner yang merupakan makanan khas Cirebon lainnya adalah docang. Menu ini cocok sekali untuk jadi menu sarapan yang mengenyangkan. Makanan ini ternyata pernah jadi makanan favorit para wali saat menyebarkan agama di daerah Cirebon. Docang berisi lontong yang dicampur dengan tauge, daun singkong, tempe gembus (dage) yang ditumbuk, serta parutan kelapa muda. Pas sekali untuk sarapan pagi karena kandungan lemak, protein, dan karbohidratnya proporsional untuk sarapan. Bisa juga ditambah kerupuk supaya tambah maknyus.

Bubur Sop Ayam

makanan khas cirebon
Bubur Sop Ayam – Travelblog.id/Atin Nuratikah

Mungkin mendengar makanan khas Cirebon ini agak membingungkan bagi yang belum tahu. Bubur dan sop ayam? Bubur sop ayam ternyata berupa bubur yang kental yang ditambah dengan sayuran sop ayam. Lalu bubur akan disiram dengan kuah soto yang hangat. Pastinya bubur sop ayam ini pas untuk jadi menu sarapan pagi kamu.

Baca juga:

Gado-Gado Ayam

sarapan pagi
Gado-gado ayam – wisatacirebon.blogspot.com/SUND DEWI

Gado-gado adalah salah satu kuliner khas Indonesia. Di kota berintan juga ada kuliner ini. Makanan khas Cirebon ini disebut gado-gado ayam. Gado-gado dari  kota Cirebon ini unik karena ditambahkan gulai kari ayam. Gulai kari ayamnya punya rasa gurih yang khas, jadi pasti akan menambah cita rasa yang lebih beragam untuk gado-gadonya.  Kalau kamu ke kota Cirebon dan mencari makanan sarapan pagi, gado-gado ayam ini  bisa kamu temukan di Jalan Kesambi.

Serabi

makanan khas cirebon
Serabi Cirebon – Twitter.com/arieparikesit

Satu lagi makanan khas Cirebon untuk sarapan pagi kamu, yaitu serabi cirebon. Rasanya gurih dan bisa disantap untuk pengganjal perutmu saat lapar. Serabi adalah salah satu kue tradisional yang bisa kamu jumpai di beberapa kota di Indonesia. Masyarakat Cirebon sudah mengenal kuliner ini  sejak dulu kala. Untuk mencicipi  makanan khas Cirebon ini coba mampir di pasar-pasar di Cirebon saat pagi hari. Banyak pedagang yang menjual serabi ini sebagai menu sarapan. Cara makan serabi khas Cirebon beda dengan serabi khas Jawa yang disiram dulu dengan gula merah atau kinca, sementara serabi Cirebon disantap dengan gorengan seperti kebiasaan orang Sunda makan gorengan dengan buras atau lontong.

Ayo mau sarapan apa pagi ini? Tinggal pilih menu dari makanan khas Cirebon di atas. Selamat makan.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.