Kuliner

Cheesecake Jepang vs Cheesecake Amerika: Apa Bedanya Sih?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cheesecake Jepang sempat menjadi tren di dunia kuliner. Cheesecake ini juga tergolong unik karena berbeda rupa dengan cheesecake yang lebih dahulu populer di dunia, yaitu cheesecake Amerika. Dari segi bahan, kedua jenis cheesecake ini sebenarnya menggunakan bahan yang serupa; krim keju, telur, tepung terigu, dan gula. Tetapi ada perbedaan yang sangat mencolok dari kedua kue keju ini. Mau tahu apa saja perbedaannya? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Bahan Dasar

Image source: @joellelibra

Ditilik dari bahan-bahan yang digunakan, cheesecake Jepang menggunakan bahan yang sama dari cheesecake Amerika. Hanya saja yang menjadi pembeda adalah bahan dasar atau bahan yang mendominasi kedua kue ini. Bila cheesecake asal Jepang menggunakan tepung terigu dan putih telur sebagai bahan dasar, cheesecake Amerika lebih banyak menggunakan krim keju dan gula.

Proses Pembuatan

Image source: @bakery_engineering

Dalam pembuatan cheesecake Amerika, yang dikocok adalah krim keju dan gula. Setelah itu adonan krim keju dicampur bersama telur dan tepung terigu secukupnya. Berbeda dengan cheesecake Jepang yang proses pembuatan dan bentuknya mirip seperti chiffon cake, yaitu putih telur yang dikocok bersama gula hingga mengembang. Setelah mengembang, terigu kemudian dituangkan ke dalam adonan dan diaduk hingga rata lalu dikukus.

Image source: @hype.berlin

Karena proses pembuatan seperti inilah yang membuat cheesecake Jepang mengembang seperti bolu kebanyakan. Bahkan teksturnya yang empuk dan lembut seperti kapas membuat kue ini disebut juga sebagai cotton cake. Teknik pengukusan dalam proses pembuatan kue ini membuatnya matang merata dan memiliki warna yang cantik.

Penggunaan Keju

Image source: @___cheesekate___

Meskipun disebut cheesecake Jepang, versi ini tidak didominasi oleh krim keju seperti cheesecake Amerika. Krim keju dalam cheesecake versi Jepang hanya digunakan sebagai bahan pelengkap saja sehingga rasa kejunya tidak terlalu dominan. Malah yang dominan dari kue ini adalah aroma dari telurnya. Sedangkan cheesecake Amerika menjadikan krim keju sebagai bahan utamanya sehingga tak heran bila rasa kejunya lebih dominan. Ada juga cheesecake versi Amerika lain seperti New York cheesecake yang hanya menggunakan krim keju sebagai bahan utama tanpa campuran telur dan terigu.

Penggunaan krim keju yang lebih dominan membuat cheesecake Amerika memiliki tekstur yang lebih padat. Selain itu, kue ini juga lebih sering disajikan dalam potongan kecil karena cukup mengenyangkan. Potongan atau selai buah-buahan sering ditambahkan sebagai topping  dan penyeimbang rasa dalam cheesecake Amerika. Buah-buahan tersebut juga akan menambah rasa segar ketika menyantap cheesecake Amerika. Berbeda dengan cheesecake Jepang yang tidak menggunakan topping apapun.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.