Event

Di Hari Kelautan Nasional ini, Yuk belajar Sejarah Bahari dari Koleksi Museum

Pinterest LinkedIn Tumblr

Di Hari kelautan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Juli ini, beberapa museum bahari ini bisa kamu kunjungi untuk menambah wawasan kamu mengenai kelautan dan maritim. Museum-museum ini meyimpan benda-benda bersejarah yang bisa kamu kunjungi untuk mengenang peristiwa-peristiwa yang pernah terjadi di laut lepas sana. Berikut daftar museumnya;

Museum Maritim Indonesia

Berlokasi di Indonesia, tepatnya di Jalan Jalan Pasoso No. 1, Jakarta Utara, Museum Maritim Indonesia meyimpan berbagai jenis benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan kelautan Nusantara. Sejarah-sejarah pelabuhan dan orang yang berjasa terhadap kelautan Indonesia tersimpan rapi di dalam museum ini. Untuk masuk ke museum ini kamu tidak perlu bayar alias gratis. Sila mengunjungi museum ini di hari Selasa – Minggu pukul 09.00 – 16.00.

Baca juga:

Museum Maritim Kobe

kelautan
sumber: kobe maritim museum

Jepang sebagai salah satu negara maritim di dunia mendokumentasi sejarah maritimnya dengan apik di dalam museum yang diberi nama Kobe Maritim Museum. Museum yang dilengkapi dengan teknologi canggih ini menyuguhkan koleksi benda-benda yang berkaitan dengan sejarah kelautan dan maritim Jepang juga sejarah perkembangan kota Kobe. Kesan futuristik langsung terasa sejak pertama kali memasuki ruang pamer. Penyajian artefak museum tidak hanya dikemas dalam bentuk pajangan benda, melainkan disajikan juga dalam bentuk video dan audio untuk melengkapi keterangan benda koleksi museum. hal ini membuat telusur sejarah bahari menjadi lebih menarik.

Museum Maritim Kobe terletak di Prefektur Hyogo, Kobe Chuo Jepang. Harga tiket masuk ke dalam museum bahari canggih ini sebesar 900yen untuk dewasa perorangan dan 470yen untuk kelompok dewasa. Sedang harga tiket untuk anak-anak umum 400yen untuk anak-anak perorangam dan 320yen untuk kelompok anak-anak.

Portsmouth Hystorical Dockyard

kelautan
sumber: porstmouth historical dockyard

Museum ini berada di dermaga angkatan laut Inggris, Porstmouth. Benda-benda koleksi di museum ini terdiri dari benda-benda peninggalan bersejarah bahari dari armada angkatan laut Inggris. Ketika mengunjungi museum ini pengunjung akan diajak berkeliling kapal selam dan melihat-lihat sisa-sisa kejayaan armada Inggris yang berjaya sejak ratusan tahun silam. Di sini pengunjung tidak hanya diajak menikmati koleksi benda-benda namun mereka dapat bertemu dengan berbicara dengan para awak kapal yang pernah menjadi saksi sejarah. seru sekali mendengarkan cerita sejarah bahari menurut versi para veteran ini.

The memorial war of Korea

kelautan
sumber: the memorial war of korea

Nama Admiral Yi sunshin adalah tokoh yang berjasa di dalam sejarah angkatan laut Korea, di dalam pertempuran Myeongrang pasukan Admiral Yi Sunshin berhasil memukul mundur pasukan Jepang yang ingin menginvasi Korea. Pertempuran Myeongrang adalah pertempuran yang tidak seimbang, dilihat dari kelengkapan dan kesiapan persenjataan pasukan Yi Sunhin. Dalam pertempuran ini lah sejarah kelautan Korea menjadi terkenal di dunia Benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan pertempuran bahari ini disimpan di salah satu ruang pamer The Memorial War of Korea, seperti kapal penyu lapis baja pertama di duni yang dibikin oleh Yi Sunshin, catatan harian Admiral Yi sunshin tentang perjalanan perangnya, dan juga benda-benda bersejarah.

Museum ini berada di Itaewon-ro no 29, Yongsan-gu, Seoul. mulai buka dari pukul 09.00 – 18.00 dari hari Selasa – Minggu.

Nah, itu lah museum-museum yang menyimpan sejarah kejayaan maritim dan kelautan yang bakal menambah pengetahuan kamu.

Avatar
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.