Seni

Ekspresi Srihadi Soedarsono dalam “Man x Universe”

Pinterest LinkedIn Tumblr

Salah satu maestro lukis Indonesia, Srihadi Soedarsono, menggelar pameran tunggal yang bertajuk “Man x Universe”. Pameran ini digelar di Galeri Nasional Indonesia, Jalan Medan Mereka Timur No. 14, Jakarta Pusat.

Dikuratori oleh A. Rikrik Kusmara, pameran “Man x Universe” dibuka sejak tanggal 11 Maret 2020. Pada pembukaan pun menjadi momen penerbitan buku “Srihadi Soedarsono – Man x Universe”, yang ditulis oleh budayawan Dr. Jean Couteau.

Srihadi Soedarsono
Image credit: instagram.com/galerinasional

Pameran yang dibuka oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, ini menampilkan 44 lukisan bentang alam karya Srihadi. Selain itu, disajikan pula video yang merespon lukisan-lukisannya. Ada empat pembagian dalam karya ini, di antaranya Social Critics, Dynamic, Human & Nature, dan Contemplation.

Bentang Alam Menjadi Simbol

Srihadi Soedarsono
Image credit: instagram.com/morethannine

Visual bentang alam menjadi perwakilan pada setiap pembagian sesi karya tersebut. Misalnya pada sesi Social Critics, ditampilkan karya Papua Series, Bandung, Series, dan Field of Salt. Lalu sesi Dynamic ditampilkan karya Jatiluwih Series dan Energy of Waves. Sesi Human & Nature menampilkan Mountain Series, Tanah Lot Series, dan Gunung Kawi Series. Dan sesi Contemplation menampilkan Horizon Series dan Borobudur Series.

Dalam proses berkaryanya, Srihadi Soedarsono banyak mendapat pengaruh dari kondisi sosial politik Indonesia sepanjang tahun 2016 hingga 2019. Ia menyampaikan ekspresinya melalui cara-cara simbolis dalam lukisan-lukisan bentang alam yang ia ciptakan.

Mengenal Srihadi Soedarsono

Srihadi Soedarsono
Image credit: lelang-lukisanmaestro.blogspot.com

Srihadi Soedarsono memiliki nama lengkap Prof. Kanjeng Raden Haryo Tumenggung H. Srihadi Soedarsono Adhikoesomo, MA. Pelukis kelahiran Surakarta, 4 Desember 1931 ini aktif dalam dunia seni rupa sejak tahun 1947.

Ia penempuh Pendidikan seni rupa di Balai Pendidikan Universiter Guru Gambar Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung (sekarang Fakultas Seni Rupa Institut Teknologi Bandung) pada tahun 1953. Ia pun melanjutkan pendidikannya ke Ohio State University.

Selain menjadi pelukis, Srihadi pun pernah mengajar sebagai dosen Seni Rupa di Institut Teknologi Bandung. Sepanjang karir kesenimanannya, ia banyak mengeksplorasi bentuk-bentuk geometris, serta permainan warna yang memukau.

Pameran “Srihadi Soedarsono – Man x Universe” menjadi salah satu pembacaan Srihadi dalam melihat dinamika lingkungan di Indonesia. Pameran ini berlangsung hingga 9 April 2020. Namun, Galeri Nasional Indonesia mengumumkan penutupan sementara dalam upaya mengurangi penyebaran virus corona. Untuk sementara waktu, pameran ini pun harus dihentikan sampai waktu yang belum ditetapkan.

Baca juga Intip Beragam Koleksi Seni di Museum Oei Hong Djien

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.