Kesehatan

Berikut Ragam Essential Oil Untuk Melembabkan Bibir Kering Kamu

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bibir kering dan pecah-pecah memang perkara biasa bagi setiap orang, tapi bukan berarti hal tersebut bisa diabaikan. Pasalnya, bibir kering dan pecah-pecah selain merusak penampilan, bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan perih apabila dibiarkan. Pemicu awal dari keluhan ini biasanya karena paparan sinar matahari, dehidrasi, terlalu sering terkena air liur, bahkan perawatan yang tidak tepat. Biasanya lip balm menjadi modal utama yang bisa kamu andalkan untuk menyelamatkan bibir kering kamu. Lip balm dengan essential oil pun biasanya menjadi incaran, karena aromanya yang menenangkan.

Sebenarnya, bukan hanya lip balm yang bisa kamu manfaatkan sebagai penolong utama kamu dalam masalah bibir kering. Kamu bisa membuat lip oil sendiri di rumah dengan essential oil favorit kamu dan mencampurkannya dengan base oil. Essential oil tersebut bisa campurkan dengan basenya mulai dari minyak kelapa atau Virgin Coconut Oil (VCO), minyak almond, dan minyak jojoba. Dengan takaran satu tetes essential oil dengan 1 sdm base oil. Melansir Boldsky, kamu bisa gunakan essential oil berikut untuk membuat lip oil sendiri.

Lavender

Berikut Ragam Essential Oil Untuk Melembabkan Bibir Kering Kamu
doc. suhail kapoor

Setiap essential oil memiliki perannya, tergantung varian yang dipilih. Jika kamu memilih lavender – selain sebagai pelembab bibir, lip oil kamu memiliki fungsi sebagai anti-inflamasi. Sehingga, bibir kamu menjadi lembab dan luka pada bibir pun lebih tenang serta lekas pulih kembali.

Rosehip

Berikut Ragam Essential Oil Untuk Melembabkan Bibir Kering Kamu
doc. Allie

Eksistensi rosehip mulai dikenali di kalangan pecinta skincare, minyak satu ini pun dikenal karena manfaatnya yang luar biasa – seperti penunda tanda penuaan. Namun, selain itu, ternyata rosehip oil pun memiliki fungsi lain yang tidak kalah penting – khususnya bagi bibir, yakni membantu mempebaiki kondisi kulit.

Rose Geranium

Berikut Ragam Essential Oil Untuk Melembabkan Bibir Kering Kamu
diynetwork.com

Selain lavender, minyak rose geranium pun dimanfaatkan bagian daunnya sebagai anti-inflamasi kulit. Tidak jarang produk lip balm pun menggunakan minyak satu ini pada formula produknya. Selain itu, rose geranium pun memiliki komponen antiseptik sehingga dapat mengurangi resiko bibir terkena infeksi saat mengalami luka.

Mustard Seed

Berikut Ragam Essential Oil Untuk Melembabkan Bibir Kering Kamu
pixabay.com

Selama ini mungkin kamu mengenal mustar sebagai salah satu jenis saus yang ada pada hot dog maupun burger. Namun tahukah kamu bahwa selain diproduksi sebagai saus, mustard seeds pun diproduksi dalam bentuk minyak. Mustard seeds sendiri memiliki kandungan asam linoleat yang bermanfaat untuk melembabkan bibir dan mengurangi hiperpigmentasi akibat paparan sinar UV.

Peppermint

green leaves on gray textile
doc. Shaun Meintjes

Mungkin sebagian dari kamu menyukai lip balm yang menggunakan peppermint sebagai varian rasanya. Sensasi dingin atau sejuk yang ditawarkannya pun membuat bibir semakin nyaman. Selain sensasi sejuknya, peppermint pada lip oil pun memiliki ragam manfaat. Salah satunya adalah asam omega 3 yang dapat menutrisi bibir dan membuat bibir kamu lembab serta terlihat plumpy.

Selain itu, tersemat pula kandungan vitamin C yang dapat melindungi bibir kamu dari sinar UV. Sensasi sejuk peppermint pun berperan sebagai analgesik yang dapat mengurangi rasa sakit atau perih.

Jadi, selain essential oil yang ada di atas, minyak apalagi yang kamu percaya bisa mengatasi bibir kering kamu?

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.