Informasi

Gereja Bethel Bandung, Bangunan Ikonik Dari Kota Kembang

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bandung menyimpan berbagai jenis kekayaan wisata dari mulai kuliner, budaya, hingga sejarah. Salah satu bukti sejarah yang masih berdiri hingga saat ini adalah Gereja Bethel. Seperti apakah kisah di balik dinding tinggi gereja ini?

Bangunan bersejarah ini terletak di persimpangan antara Jalan Wastukencana, Jalan Braga, dan Jalan Perintis Kemerdekaan. Gereja Bethel pertama kali didirikan pada 1 Mei 1924. Tidak aneh jika gereja ini dianggap sebagai salah satu gereja tertua di Bandung.

Awalnya Gereja ini bernama De Nieimjwe Kerk. Nama tersebut diresmikan pada 1 Mei 1925. Namun dari hasil pertemuan Majelis Jemaat Gereja Protestan Indonesia Barat (GBIP) memutuskan namanya diganti menjadi Gereja Bethel.

BACA JUGA:

Keunikan Gereja Bethel

Dokumentasi gereja jaman dulu-kangope.com

Gereja yang pernah dipimpin oleh Ds JA Tydeman ini memiliki desain yang unik. Sebuah gereja biasanya dihiasi dengan simbol salib. Tetapi Gereja Bethel justru memiliki jam yang terpasang di menaranya.

Jam ini juga berfungsi sebagai lonceng. Dentang pertama dari jam ini pertama kali berbunyi saat Gereja ini pertama kali diresmikan pada 1 Mei 1925 pada pukul 9.15 WIB. Sang perancang, C.P. Wolff Schoemaker mendesain gereja ini dengan gaya khasnya.

1 2
Mario
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.