Sumatera

Gunung Kerinci, Pesona Jambi Dari Atas Ketinggian

Pinterest LinkedIn Tumblr

Gunung Kerinci adalah gunung berapi dengan puncak tertinggi Indonesia selain gunung di Papua (Irian Jaya). Sebagian besar area gunung ini berada di Taman Nasional Kerinci Seblat. Namun gunungnya sendiri berbatasan langsung dengan Sumatra Barat.

Dengan ketinggian 3805 meter, Gunung Kerinci Jambi adalah gunung berapi aktif tertinggi di Asia Tenggara. Bahkan ketinggiannya dapat mengalahkan gunung Fuji di Jepang. Mendaki lereng gunung yang dilindungi di Taman Nasional Kerinci Seblat ini sangat menantang karena jalur pendakiannya terus menanjak tanpa ada jalur landai ataupun menurun. Tapi pemandangan yang  kamu dapatkan setelah mencapai puncaknya sepadan dengan upaya penuh keringat yang harus kamu lakukan.

objek wisata
pixabay.com/iqbal nuril anwar

Di puncaknya, para pendaki diharapkan memakai pakaian tebal untuk menghangatkan tubuh dari suhu yang cukup rendah (sekitar 10 0C). Saat hujan sedang turun, alangkah baiknya untuk tidak memulai pendakian karena jalurnya yang bisa membahayakan kamu. Para pendaki biasanya memulai pendakian setelah bermalam di desa Kersik Tuo. Tapi adda juga mereka yang memulai pendakian dari Sungai Penuh.

ARTIKEL LAINNYA:

Proses pendakian ke puncak gunung Kerinci Jambi ini bisa memakan waktu sekitar 12 jam. Daripada langsung turun setelah tiba di puncaknya, sebaiknya bermalam di pos peristirahatan 2 yang terletak di ketinggian 3,040 m atau pos peristirahatan 3 di ketinggian 3,306 meter.

Puncak gunung biasanya masih tertutup kabut saat pagi hari. Jadi jika ingin menikmati pemandangan matahari terbit, sebaiknya rencanakan pendakian (dari pos peristirahatan) hingga kamu bisa mencapai puncak saat fajar di hari kedua. Air juga cukup sulit didapatkan di lokasi ini, jadi sebaiknya membawa air yang cukup sebelum mulai mendaki.

Sebelum menjelajahi gunung Kerinci Jambi, para pendaki harus mendapatkan ijin dari Taman Nasional. Kamu bisa mendapatkan ijin ini dari sebuah penginapan di Kersik Tua dengan membayar sebesar Rp.20,000. Jangan lupa membawa fotokopi identitas sebelum memasuki wilayah Taman Nasional  Kerinci Seblat (KTP untuk pendaki lokal atau paspor untuk pendaki asing).

Cara ke sana

Ada penerbangan reguler menuju bandara Internasional Padang dari berbagai wilayah di Indonesia dan negara-negara lainnya. Dari bandara ini, kamu harus menempuh perjalanan selama 6-8 jam menuju titik awal pendakian. Kamu bisa menaiki transportasi umum untuk mencapai lokasi taman nasional. Ada juga kendaraan dari travel agent yang bisa dipilih. Tapi waktu perjalanan sedikit lebih lama karena kamu harus menunggu penumpang lainnya yang juga ikut naik di kendaraan ini.

 

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.