Event

Hagia Sofia: Shalat Jum’at Pertama Kembali Dijalankan Setelah 86 Tahun

Pinterest LinkedIn Tumblr

Setelah 86 tahun, Hagia Sofia kini mengadakan shalat Jumat perdananya pada 24 Juli ini. Hal ini diungkapkan oleh gubernur Istambul, Ali Yerlikaya. Umat muslim tentunya menunjukkan antusias tinggi terhadap keputusan ini.

Untuk menjaga keamanan para jamaah dari penyebaran Covid-19, ada lima area Hagia Sofia yang dibuka. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kepadatan di lokasi ibadah ini. Pintu masuk menuju lokasi ibadah dibuka sejak pukul 10:00 waktu setempat.

Namun para jamaah baru dapat memasuki tempat ibadah tersebut mulai pukul 11:00 waktu setempat. Itu pun setelah mereka melalui proses pemeriksaan. Untuk menjaga keamanan saat ibadah shalat Jum’at, beberapa ruas jalan dan jalur metro akan ditutup sebelum dan sesudah waktu shalat Jum’at.

Yerlikaya juga mengingatkan agar para jamaah yang akan menunaikan ibadah shalat Jum’at di Hagia Sofia ini diharapkan membawa masker dan sajadah sendiri. Mereka juga dihimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan agar proses ibadah dapat berjalan dengan lancar.

BACA JUGA:

Hagia Sofia

Persiapan di Hagia Sofia-hurriyetdailynews.com

Bangunan ini merupakan salah satu destinasi wisata paling populer di Turki. Pada tahun 1985, Hagia Sofia dimasukkan ke dalam daftar warisan dunia versi UNESCO. Awalnya karya arsitektur ini berfungsi sebagai gereja selama 916 tahun.

Setelah Istambul takluk, bangunan ini berubah fungsi menjadi masjid sejak 1453 hingga 1934. Kemudian fungsinya kembali berubah menjadi museum selama 86 tahun. Pada 10 Juli lalu, pengadilan Turki membatalkan Dekrit Kabinet 1934 yang mengubah bangunan bersejarah menjadi museum.

Pada 16 Juli, Direktorat Urusan Agama Turki menandatangani protokol kerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata untuk mengelola Hagia Sophia setelah beralih fungsi kembali menjadi masjid.

Di bawah protokol tersebut, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata akan mengawasi pekerjaan restorasi dan konservasi, sementara Direktorat Urusan Agama akan mengawasi layanan keagamaan. Hagia Sofia juga akan terbuka untuk wisatawan domestik dan asing secara gratis.

Jadi, kapan kamu bisa berkunjung ke lokasi yang ada di sajadah tempo doeloe ini?

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.