Informasi

Ignaz Semmelweis, Pencetus Gerakan Cuci Tangan Yang Berakhir Tragis

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jika kamu membuka laman pencari Google, Ignaz Semmelweis yang mendapatkan giliran untuk masuk kedalam fitur Google Doodle hari ini. Tapi siapakah dia? Yuk berkenalan dengan pencetus gerakan cuci tangan ini.

Ignaz Semmelweis adalah dokter dari Hungaria yang mencetuskan bahwa mencuci tangan dapat secara drastis mengurangi jumlah wanita yang meninggal setelah melahirkan. Ide tersebut dicetuskan saat ia memimpin sebuah klinik bersalin di Rumah Sakit Umum Wina, Austria, pada tahun 1840-an.

Kita semua sekarang tahu betapa pentingnya mencuci tangan. Terlebih dengan munculnya pandemi Covid-19 saat ini. Di rumah sakit, bakteri yang kebal antibiotik  dihilangkan dengan metode mencuci tangan yang sederhana.

Patung Semmelweis di MedUni Vienna-wikimedia.org

ARTIKEL LAINNYA:

Setiap bangsal dilengkapi dengan gel tangan antiseptik yang digunakan staf medis dan pengunjung sebelum mereka melihat pasien yang rentan terhadap infeksi. Rutinitas ‘scrubbing up’ oleh ahli bedah sebelum operasi, tentu saja menjadi hal yang wajib dilakukan agar tetap higienis.

1 2
Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.