Inspirasi

Ikuti Langkah Ini Usai Membeli Hewan Qurban Agar Dari Pasar Hewan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sudah siap menyambut datangnya Idul Adha 2020 yang jatuh pada tanggal 31 Juli ini? atau kamu masih disibukan dengan mencari hewan qurban? Bukan Cuma bekal informasi hewan qurban saja yang harus kamu perhatikan, perihal kebersihannya pun perlu diperhatikan.

Seperti yang diterangkan oleh Bapak dr Riskiyana, S. Putra, M. Kes Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kementrian Kesehatan ada beberapa langkah yang bisa kamu terapkan agar kamu terhindar dari virus yang menempel di pakaianmu saat membeli hewan qurban.

hewan qurban
sumber: riau lantang

Baca juga:

Lepas Pakaian Sebelum Masuk Rumah

Melepas sepatu pastinya sudah biasa kamu lakukan sebelum masuk rumah agar tidak membawa virus dari luar. Tapi di masa pandemi yang belum berakhir ini kamu perlu juga melepas pakaian setelah bepergian. Sama seperti saat kamu pergi ke pasar atau ke pusat perbelanjaan. Karena dikhawatirkan pakaian yang tadi kamu kenakan telah terkontaminasi virus dari luar. sebaiknya, lepas pakaianmu untuk menghindari tersebarnya virus di pakaianmu ke seluruh area rumah.

Bersihkan Ponsel dan Tanganmu

Seberapa sering kamu membersihkan ponsel? Sehari satu kali? Atau jangan-jangan tidak pernah dibersihkan? Wah ini bahaya.  Studi di Inggris yang dilakukan oleh beberapa tim peneliti tahun 2013 menyatakan bahwa ponsel adalah salah satu benda harian yang terdapat banyak bakteri.  Jika kamu pergi ke tempat beli hewan qurban dengan membawa ponsel, kemungkinan ponselmu terpapar virus dan berbagai bakteri. Sebaiknya segera bersihkan dengan cairan yang mampu membunuh bakteri, kuman terutama virus Corona. Lalu, jangan lupa untuk membersihkan tanganmu karena tangan adalah salah satu bagian tubuh yang juga banyak terdapat kuman. Hindari memegang benda apa pun sebelum mencuci tangan. Gunakan sabun dan air yang mengalir untuk membasuhnya.

hewan qurban idul adha
sumber: istock

Mandi Hingga Bersih

Tidak cukup hanya dengan melepas pakaianmu, segera lah mandi. Pastikan kamu menggunakan sabun dan shampoo dan bersihkan tubuhmu dari ujung rambut sampai ujung kaki. Pastikan seluruh lipatan-lipatan tubuhmu tak terlewatkan. Dengan mandi bersih kamu lebih yakin bahwa tubuhmu terbebas dari penyakit dan virus yang mungkin terbawa saat kamu membeli hewan qurban.

hewan qurban idul adha 2020
sumber: shutterstock

Hindari Menyentuh Barang-Barang Yang Dikenakan di Tempat Jual Beli Hewan Qurban

Seringkali, tanpa sadar kita menyentuh benda-benda di sekitar kita. Seperti bukti pembelian dan kertas-kerta yang tadi digunakan di tempat beli hewan qurban. Demi menghindari tubuh bersihmu kembali terpapar virus. Sebaiknya buang semua bukti pembayaran yang dirasa tidak akan diperlukan lagi.

Itu lah beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk mencegah penularan virus pasca membeli hewan qurban.

Avatar
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.