Inspirasi Travel Tips

Ingin Liburan Aman Dari Virus Covid? Ini Tipsnya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sudah bosan berada di rumah dan ingin cepat-cepat liburan tapi takut virus Covid? Beberapa bulan terakhir ini kita dihimbau untuk tidak bepergian jika tidak benar-benar butuh. Semua itu dilakukan untuk mencegah semakin banyaknya jumlah korban akibat virus ini. Rasa jenuh akan suasana yang itu-itu saja kian membuat rasa ingin jalan-jalan semakin kuat. Apalagi kalau sudah melihat tayangan traveling di televisi yang mengulas keindahan alam dan wisata yang indah. Pastinya kaki rasanya gatal ingin cepat-cepat mengepak barang dan langsung meluncur ke suatu tempat wisata.

Wait! Sebelum kamu memutuskan untuk pergi liburan sebaiknya perhatikan tips berikut agar kamu tetap aman dari virus Covid-19 selama taveling.

Perencanaan Yang Matang

Liburan mendadak memang seru dan menantang. Pasalnya dalam liburan dadakan seperti itu kita akan menemui hal-hal yang bisa saja tidak pernah dibayangkan akan dialami. Sayangnya, di masa seperti ini liburan seperti itu sedikit beresiko. Lantaran kita tidak tahu bagaimana perkembangan kondisi terbaru dari tempat yang akan kita tuju. Apakah masuk ke dalam zona hijau yang mengindikasikan aman dari covid-19 atau justru sedang diisolasi. Agar lebih aman, baiknya kamu rencanakan perjalananmu dengan matang seperti mengumpulkan informasi mengenai lokasi destinasi wisata tujuanmu, yang paling penting adalah memastikan bahwa tempat berada dalam status aman. Lalu setelahnya kamu bisa berkemas dan mempersiapkan hal-hal yang akan kamu butuhkan selama perjalanan.

liburan
sumber: istock

Awasi Benda-Benda Yang Mungkin Terkontaminasi Saat Menggunakan Transportasi Umum

Bila terpaksa naik transportasi umum baiknya bersihkan sandaran tangan, dan bagian-bagian tempat duduk lainnya yang akan kita gunakan. Perlu diingat, transportasi umum digunakan oleh penumpang lain yang dan bisa saja virus dan bakteri menempel pada benda-benda yang telah digunakan oleh penumpang. Kamu bisa menggunakan tissue basa untuk membersihkan tempat duduk sebelum digunakan. Agar lebih praktis dibawa ke mana saja lokasi tujuan liburan kamu.

liburan
sumber: long angeles time

Check in Online Gunakan Pembayaran Non-Tunai

Selain ponsel, uang adalah benda yang paling banyak dihinggapi kuman dan bakteri. Studi di New York mengenai uang kertas menemukan bahwa sejumlah besar mikroba aktif hidup di dalamnya. Jika kita memegang uang tentunya tangan kita ikut terkontaminasi. Untuk meminimalisasi penularan melalui uang di masa pandemi ini saat liburan, transaksi non-tunai dan check in hotel lebih disarankan dibanding transaksi dengan uang tunai.

Bersihkan Benda Di Kamar Hotel

Kamar yang terlihat bersih belum tentu bebas dari kuman dan virus. Sebagai antisipasi tertular virus saat kita berwisata baiknya bersihkan terlebih dahulu alat dan benda yang sekiranya akan kita sentuh atau gunakan, misalnya meja, remote TV dan AC, telpon, saklar, handle pintu dan saklar lampu.

Bawa Masker dan Hand Sanitizer

Dua benda ini merupakan benda-benda yang paling penting yang tidak  boleh kamu lewatkan. Ke mana pun kamu pergi, kamu wajib mengenakan masker dengan baik. Terutama jika kamu masa liburan kamu banyak dihabiskan di udara terbuka. Pastikan hidung dan mulutmu tertutupi masker. Perhatikan bahan maskernya. kenakan masker berbahan kain yang mampu menahan cairan dari mulut dan hidung kita terlempar ke luar.

liburan virus
sumber: idx channel

Boleh Sentuh Wajah Asal Tangan Higienis

Ini memang sulit dilakukan tapi tetap harus dilakukan. Menyentuh wajah sering tanpa sadar dilakukan oleh kita. Menurut penelitian manusia bisa menyentuh wajah sekitar 23 kali dalam satu jam. Hal ini menyebabkan tangan sebagai media penularan virus ke dalam tubuh kita. Oleh sebab itu hindari menyentuh wajah termasuk mata, hidung, mulut dan bagian lainnya sebelum mencuci tangan.

Bangun Tenda Jauh Dari Keramaian

Salah satu protokol yang diterapkan selama masa pandemi ini adalah hindari keramaian agak tidak terjadi kontak fisik. Protokol ini pun harus diterapkan saat traveling. Kalau kamu memilih gunung sebagai destinasi wisatamu dan ingin bermalam di gunung pastikan untuk mendirikan tenda yang sedikit berjarak dengan tenda milik pengunjung yang lain. Di samping itu kita juga bisa istirahat dengan tenang tanpa merasa terganggu dengan aktivitas di tenda tetangga.

liburan virus
sumber: bakhtiar rakhman

Membawa Peralatan Makan Sendiri

Selalu lengkapi perbekalanmu dengan alat makan sendiri. hindari menggunakan peralatan makan milik orang lain apalagi menggunakan alat makan secara bergantian karena air liur adalah salah satu media penularan covid-19. Terlebih lagi kalau membawa perlatan makan sendiri, kita lebih yakin dengan higienitas peralatan makan kita sendiri.

Bagikan Porsi Makanan Secara Individual

Selain membawa peralatan makan sendiri, jangan lupa juga untuk membagi porsi makan secara individu. Hindari berbagi makanan dan alat makan dengan teman seperjalanan kita agar tidak terjadi penyebaran covid.

Semua persiapan sudah selesi dilakukan? saatnya berangkat!!

Baca juga:

Avatar
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.