Inspirasi Travel Tips

Ingin Liburan ke Bali Saat New Normal? Patuhi Dulu Syaratnya.

Pinterest LinkedIn Tumblr

Setelah beberapa bulan hiatus, pariwisata Bali akhirnya mulai menggeliat lagi. Mulai Juli 31 2020 Bali akan membuka kembali tempat-tempat wisatanya bagi wisatawan domestik. Kabar ini disampaikan langsung oleh I Wayan Koster, Gubernur Bali.

Rencana Ini merupakan tahap kedua dari perencanaan pembukaan wisata bali yang sudah dilakukan sejak tanggal 9 Juli 2020 lalu. Saat itu diputuskan bahwa tempat wisata di Bali dibuka untuk masyarakat lokal. Nantinya rencana tersebut akan dilanjutkan ke tahap ketiga, yaitu pembukaan tempat-tempat wisata di Bali untuk wisatawan Internasional.  Sedangkan tahap ketiga ini akan dilaksanakan tanggal 11 September 2020 mendatang.

Tapi, bagi wisatawan yang ingin berlibur ke pulau Bali, pemerintah menerapkan beberapa syarat bagi wisatawan yang ingin berlibur ke sana nih. Begini syaratnya.

Menunjukan identitas diri

Dalam rencanaya membuka kembali pariwisata Bali pemerintah meminta Setiap wisatawan yang masuk ke kawasan Pulau Dewata untuk menunjukan kartu identitas diri. Selanjutnya mereka harus mengisi formulir lapor diri yang diisi secara daring via http://cekdiri.baliprov.go.id . Lalu, menunjukan kode QR kepada petugas.

Baca juga:

Membawa hasi PCR test atau rapid test

Dalam surat edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid Porvinsi Bali No 305/GUGUSCOVID-19/VI/2020 menyatakan bahwa syarat wajib bagi wisatawan yang masuk ke Bali adalah membawa hasl test PCR atau rapid test dengan hasil negatif yang masih berlaku. Bagi daerah yang tidak mempunyai fasilitas tes PCR dan Rapid Test, bisa menunjukan surat keterangan bebas gejala seperti influenza dan lain-lain. Surat ini bisa didapatkan di Puskesmas atau rumah sakit

pariwisata bali
sumber: DIs way

Mengunduh dan mengaktifkan aplikasi peduli lindungi

Sebagai upaya untuk mewujudkan Pariwisata Bali yang bebas dari Virus, Para wisatawan yang hendak berwisata ke Bali diwajibkan untuk mengunduh aplikasi Peduli Lindungi. Tujuan diwajibkannya wisatawan mengunduh aplikasi ini adalah agar membantu pelacakan guna mendeteksi penyebaran Covid-19.

Pilih tempat menginap yang menyediakan fasilitas abtar jemput

Bagi kamu yang menggunakan transportasi pesawat, baiknya memilih hotel atau penginapan yang menyediakan fasilitas antar-jemput dari bandara. Selain bertujuan untuk meminimalisasi penggunaan transportasi umum yang rentan terjadi penyebaran virus, fasilitas ini juga menawarkan mobilitas yang lebih praktis bagi wisatawan.

Membawa tas belanja sendiri

Untuk meminimalisasi penularaan virus yang bisa terjadi lewat perantara kantong plastik, pemerintah menghimbau wisatawan untuk membawa tas belanja sendiri sebagai bagian persyaratan untuk berwisata ke pulau yang terkenal dengan pantainya yang eksotis ini. Selain itu, dengan menggunakan tas belanja sendiri wisatawan bisa ikut ambil bagian dalam kampanye mengurangi sampah plastik.

pariwisata bali
sumber: getty image

Wajib patuhi protokol pencegahan Covid

di samping mematuhi persyaratan dokumentatif, wisatwan juga diwajibkan untuk patuh terhadap protokol pencegahan Covid-19. Protokol pencegahan covid tersebut di antaranya mengenakan masker, mencuci tangan memakai sabun, menjaga jarak fisik.

Nah, itulah beberapa syarat yang haru kamu penuhi untuk berlibur ke pulau seribu pura ini. Kalau semua syaratnya terpenuhi kamu bisa tenang menikmati masa liburanmu di sana. Selamat berlibur.

Avatar
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.