Kesehatan

Ini Dia 6 Cara Tetap Makan Sehat Meski Budget Terbatas

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sehat itu gak harus mahal kok. Dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang tepat, kamu bisa tetap mempertahankan gaya hidup sehat meski memiliki budget atau keuangan yang terbatas. Nah untuk membantu kamu, tim Holamigo sudah merangkum enam cara supaya kamu tetap bisa makan sehat dengan budget yang terbatas. Bagaimana caranya?

Masak Sendiri

budget terbatas
Source: eatthis.com

Buat perencanaan menu dan masak sendiri menjadi solusi hemat saat budget terbatas. Kamu bisa membeli sayuran dengan harga yang relatif murah sehingga kamu bisa tetap makan sehat dan enak meski keuangan sedang cekak. Sebelumnya buat dulu daftar belanja supaya kamu bisa mengontrol pengeluaran kamu dan menghindari membeli sesuatu yang tak kamu butuhkan.  

Masak dalam Porsi Besar

makan sehat dengan budget terbatas
Source: oxygenmag.com

Untuk menghemat waktu, kamu bisa memasak sekaligus dalam porsi besar kemudian menyimpannya di lemari es. Kalau ingin makan, tinggal dikeluarkan dan ambil porsi secukupnya. Memasak dalam porsi besar juga ternyata bisa menghemat uang lho! Malah, kamu tidak perlu repot-repot memasak setiap hari. Dengan cara ini, kamu bisa menghemat uang, tenaga, dan tetap bisa makan sehat. Contoh masakan yang bisa kamu simpan seperti lauk kering dan tumis.

Jangan Stok Cemilan

tips makan tetap sehat meski budget terbatas
Source: manrepeller.com

Bila budget terbatas tapi ingin tetap makan sehat, prioritaskan membeli makanan yang mengandung gizi dan nutrisi. Hindari membeli cemilan berupa minuman kemasan atau keripik dengan penyedap dan pemanis buatan. Dari pada membeli cemilan dengan harga yang bisa menguras kantong, lebih baik beli saja sayuran yang harganya jauh lebih murah dan lebih sehat.

Pilih Protein yang Ramah di Kantong

sumber protein yang lebih ramah di kantong
Source: healthyeating.sfgate.com

Makanan yang mengandung protein banyak jenisnya. Tetapi, karena budget yang terbatas, kamu perlu memilih protein yang lebih ramah di kantong. Kamu bisa mengganti ikan laut atau daging ayam, pilihlah telur atau daging ayam yang lebih murah. Atau kamu juga bisa menggantinya dengan tahu dan tempe dengan harga yang lebih terjangkau. Gak sulit kan memilih menu untuk makan sehat?

Nasi dan Kacang sebagai Kalori Tambahan

kacang dan nasi
Source: abbeyskitchen.com

Jika hanya mengandalkan buah dan sayuran, kamu belum tentu memenuhi asupan kalori harianmu. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menambahkan kalori dengan kacang atau nasi. Selain murah, kamu tetap mendapatkan menu makan sehat juga. Hindari mengonsumsi makanan yang tidak bisa memenuhi nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh kamu.

Hindari Beli Minuman di Café

hindari beli kopi di kafe bila budget terbatas
Source: thejakartapost.com

Kalau kamu suka membeli minuman di café, tahan diri dulu bila budget terbatas. Kamu bisa kok tetap mendapatkan asupan kafein dengan cara membuat kopi sendiri di rumah. Memang rasanya tidak sevariatif seperti kopi di café, tapi kamu perlu memperhatikan pengeluaran kamu. Lebih baik fokuskan budget pada menu makan sehat yang bisa memberikan nutrisi baik untuk tubuh.   

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.