Informasi

Ini Dia Cara Merayakan Idul Fitri Saat Masa Karantina Covid-19

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tahun ini umat muslim merayakan Idul Fitri tahun dalam masa karantina Covid-19. Hal ini tentunya berbeda dengan suasana lebaran di tahun-tahun sebelumnya bukan! Di seluruh dunia, Idul Fitri dirayakan bersama anggota masyarakat lainnya, dari mulai shalat berjamaah di masjid hingga berkunjung ke sanak saudara dan membayar zakat.

Tapi, kita masih bisa berbagi keberkahan lebaran dan merayakan Idul Fitri dari rumah. Ini dia 10 tips sederhana untuk merayakan Idul Fitri selama masa karantina Covid-19.

Panjatkan doa di malam sebelum Idul Fitri

person showing both palms while sitting on chair
Panjatkan doa di malam sebelum Idul Fitri-Unsplash

Nabi saw bersabda “Ada lima malam doa di dalamnya tidak akan ditolak, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Sya’ban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha.” (HR Imam Ibnu ‘Asakir dari Abu Umamah).

Keberkahan Idul Fitri tidak dimulai di pagi hari, tapi justru di malam menjelang Hari Raya Idul Fitri. Di tengah persiapan jelang lebaran, luangkan waktu untuk memanjatkan doa agar ibadah kamu di bulan Ramadhan diterima Allah SWT. Kamu juga bisa mendoakan orang-orang yang sudah lebih dulu meninggalkan alam fana ini. Jadi kamu bisa merasa lebih dekat dengan mereka di hari kemenangan ini.

Mandi di pagi hari

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa mandi di hari Idul Fithri, Idul Adha dan hari Arafah, ” Dan Al Faakih sendiri selalu memerintahkan keluarganya untuk mandi pada hari-hari itu” (HR. Ibnu Majah no. 1316).

Jadi walau kamu tidak pergi ke masjid atau keluar rumah, luangkan waktu untuk mandi, memakai wewangian, dan berdandan untuk merayakan Idul Fitri. Hal ini akan membuat lebaran kamu terasa lebih spesial.

BACA JUGA:

Shalat Idul Fitri di rumah saja

Sesuai anjuran pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19, sebaiknya kamu melakukan shalat Idul Fitri di rumah. Kamu bisa melakukannya secara berjamaah dengan 3 makmum. Selesai shalat 2 rakaat, kamu bisa memberikan sedikit khotbah. Tapi jika kamu tidak bisa atau tidak ingin melakukannya, bagian ini bisa dilewat.

Makan kurma

Awali hari dengan makan kurma dalam jumlah ganjil. Hal ini untuk menunjukkan bahwa kamu sedang tidak berpuasa.

1 2
Mario
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.