Event

Ini Dia Fakta Tentang De Javasche Bank, Cikal Bakal Bank Indonesia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pada tanggal 5 Juli 1953 Indonesia memperingati Hari Bank Indonesia. Hari tersebut dipilih karena itulah Bank Indonesia lahir. Sejak masih bernama De Javasche Bank, bank yang telah berusia ratusan tahun ini telah banyak mengalami peristiwa-peristiwa menarik. Simak fakta-fakta unik dari sejarah berikut ini.

Hasil Nasionalisasi dari De Javasche Bank

Bank Indonesia adalah bank yang dibentuk oleh pemerintah Kolonial sebagai bank sirkulasi, bank yang ditunjuk oleh pemerintah untuk mengedarkan dan memproduksi mata uang pada saat itu.

Pendiriannya Diinstruksikan oleh Raja willem I Instruksikan

Sebelum dinasionalisasikan oleh pemerintah Indonesia tahun 1951. De Javasche Bank adalah sebuah perusahaan berbentuk perseroan terbatas. Pembentukan bank yang pada saat itu masih berbentuk PT itu diinisiasi oleh Raja Willem I.

bank indonesia, de javasche bank
sumber: wikipedia

Cabang Bandung Dibangun Dengan Sistem Berbeda

Pertama kali dibangun di Jakarta. Setahun kemudian beberapa kantor cabang dibangun di kota-kota lainnya seperti Semarang, Surabaya, lalu menyusul kemudian cabang di Padang dan Surabaya dibangun. Cabang De Javasche Bank yang didirikan adalah 23 kantor, yang ada di seluruh pulau di Indonesia, termasuk di Bandung. Uniknya, kantor cabang di Bandung ini tidak mengikuti dasar pertimbangan usaha perbankan dan tidak karena alasan ekonomi pemerintah kolonial Belanda.

sumber: troppenmuseum

Material Brankasnya Diimpor dari Eropa.

Menurut laman Instagram Museum BI, pintu brankas BI mempunyai ketebalan 65 cm dengan berat 12 ton. Pemilihan materialnya pun tidak asal-asalan. Material bajanya diimpor langsung dari Eropa. Hal ini membuat proses pembangunannya memakan waktu lebih lama dari waktu yang diprediksikan.

de javasche bank
sumber: muthia anindita

Dibangun Oleh Biro Arsitektur Belanda Terkenal di Bandung Pada Masa Itu

De Javasche Bank mempercayakan pembangunan kantor-kantor cabangnya pada sebuah biro arsitektur yang telah banyak membangun Gedung-gedung penting di kota Bandung Eduard Cuypers. Sebanyak 16 kantor cabangnya dibangun oleh arsitek kelahiran Roermond, Belanda ini.

Baca juga:

 de javasche bank
sumber: wikipedia

Di masa sekarang status Bank Indonesia adalah perusahaan milik pemerintah. Kira-kira fakta ada fakta lain tentang bank peninggalan Belanda ini?

Avatar
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.