Informasi

Ini Dia Panduan Kenormalan Baru Versi WTTC

Pinterest LinkedIn Tumblr

Untuk memastikan para traveler bisa bersiap untuk menjalankan kenormalan baru dengan aman, World Travel and Tourism Council telah merilis panduan agar para pelaku dalam industri pariwisata bisa bersiap untuk menjalani masa the new normal tersebut.

Tapi hal panduan ini bukan hanya melibatkan para pelaku pariwisata, tapi juga setiap elemen pemerintah yang terlibat dalam upaya  menumbuhkan kembali industri yang sempat mati suri selama beberapa bulan ini.

Dalam panduan kenormalan baru tersebut, WTTC menyarankan kegiatan pariwisata diawali dengan membangkitkan potensi wisata bagi para wisatawan lokal melalui paket staycation.  Kemudian kegiatan wisata bisa mulai merambah pasar internasional. Hal ini ditandai dengan ramainya wisata jarak jauh.

Siapa saja yang diperbolehkan untuk bepergian. Tampaknya wisatawan berusia 18-35 tahun memiliki resiko paling kecil terhadap Covid-19. Karena itu mereka menjadi kelompok pertama yang bisa mulai traveling.

Kenormalan baru di sektor perhotelan

protokol kesehatan
Hand sanitizer station di Hyatt Place Portland-Old Port-hyatt.com

ARTIKEL TERKAIT:

Untuk memastikan para traveler bisa melakukan perjalanan dengan aman, industri perhotelan juga harus menerapkan aturan dan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, pihak pengelola juga diharapkan bisa menerapkan kebijakan karantina bagi karyawan yang mengalami gejala mirip Covid-19.

Dalam praktiknya, industri perhotelan diharapkan bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  • Proses check ini yang dilakukan secara daring.
  • Menyediakan tempat untuk mencuci tangan, khususnya di area yang sering dikunjungi seperti tempat penyimpanan barang.
  • Menggunakan sistem pembayaran non-tunai
  • Membudayakan penggunaan tangga karena sulitnya untuk menjaga jarak di dalam bilik lift
  • Memindahkan peralatan kebugaran

Aturan untuk kapal pesiar juga hampir sama. Para operator diharapkan menggunakan sarung tangan yang sering diganti. Kamar para tamu juga akan lebih sering dibersihkan untuk menjaga kebersihannya.

Para wisatawan yang pergi dan tiba di suatu bandara juga harus menjalani tes sebelum dapat melanjutkan perjalanannya. Para penumpang juga diharuskan menggunakan masker selama berada dalam kabin pesawat.

Dengan aturan dan protokol kesehatan yang dilakukan dengan tepat, para traveler akan bisa melakukan perjalanan dengan tenang. Namun penerapan kebiasaan baru ini tentunya membutuhkan persiapan yang matang agar seluruh pihak terkait dapat mematuhi aturan tersebut dengan maksimal.

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.