Kuliner

Ini Dia Toko Dan Kedai Kopi Di Jakarta Yang Asyik Buat Berburu Kopi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kopi merupakan minuman paling terkenal di dunia setelah air mineral. Jadi tidak aneh jika banyak kedai kopi dan juga toko kopi yang bertebaran di berbagai tempat. Jakarta juga menjadi salah satu kota dengan warung kopi yang cukup banyak. Bahkan beberapa dari kedai dan toko kopi legendaris ini sudah bertahan selama lebih dari 100 tahun.

  1. Kedai kopi Es Tak Kie

Cuaca panas enaknya ya minum es kopi dari Tak Kie-airyrooms.com

Buat kamu yang tinggal dekat dengan Gang Gloria di daerah Glodok, kamu mungkin sudah mengenal kedai kopi milik Liong Kwie Tjong ini. Sang pendiri awalnya merupakan pedagang kopi kaki lima. Kemudian ia mulai mendirikan sebuah kedai kopi di rumah milik warga Belanda.

Sejak dibuka pada tahun 1927, kedai ini masih ada hingga saat ini. Salah satu menu andalan dari kedai kopi ini adalah Kopi O. Menu ini berupa sajian kopi hitam dingin. Buat kamu yang baru berkunjung ke kedai ini, Kopi O bisa jadi rekomendasi yang tepat karena lokasinya yang berada di dalam gang membuat kedai ini terasa panas.

Selain kopi, kedai  kopi Es Tak Kie juga memiliki menu makanan seperti siomay atau nasi tim. Pastinya menu di sini bisa membuat kamu makin betah untuk bercengkerama sambil berbuka puasa bersama teman atau anggota keluarga lainnya.

  1. Tek Sun Ho (Kopi Warung Tinggi)

toko kopi Tek Sun Ho-catatanfoodies.blogspot.com

Tak jauh dari kedai kopi es Tak Kie, kamu bisa menemukan sebuah kedai yang usianya jauh lebih tua. Kedai yang berada di Jalan Tangki Sekolah Nomor 6, Mangga Besar ini sudah berdiri sejak 1878. Awalnya kedai ini bernama Tek Sun Ho. Namun saat Presiden Soeharto memerintahkan seluruh keturunan Cina menggunakan nama Indonesia, kedai ini berubah nama menjadi Warung Tinggi.

Uniknya kedai kopi ini awalnya adalah sebuah warung nasi. Tapi para pengunjungnya justru lebih banyak memesan kopi. Akhirnya warung nasi tidak lagi beroperasi, tergantikan oleh kedai kopi yang didirikan oleh Tek Sun.

Hingga kini, Warung Tinggi yang dilanjutkan oleh Liaw Tek Siong, memiliki berbagai varian kopi. Kamu bisa memilih hingga 200 jenis kopi. Bahkan salah satu menu yang bisa dipilih adalah kopi luwak original. Perlu diingat bahwa kedai kopi ini hanya menjual biji kopi saja, bukan menyajikannya di tempat.

ARTIKEL LAINNYA:

  1. Warung kopi Kong Djie Coffee

Kopi legendaris dari Belitung-itjeher.com

Warung kopi yang satu ini berlokasi di daerah Cideng, tepatnya di Jalan Biak. Padahal awalnya, kedai kopi ini berasal dari Manggar, Belitung. Kong Djie Coffee telah dibuka sejak tahun 1943. Kini banyak sekali cabangnya yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.

Sajian andalan yang wajib kamu coba saat berkunjung kesini adalah Kopi O. Kamu juga bisa memilih sajian kopi susu panas. Untuk jenis kopinya, kamu bisa memilih antara jenis kopi arabika atau robusta.

  1. Bakoel Koffie

Di Jalan Cikini Nomor 25, Menteng, kamu akan menemukan sebuah warung kopi legendaris bernama Bakoel Koffie. Tempat ngopi ini didirikan oleh pendiri Warung Tinggi juga, Tek Sun Ho. Jadi jika kamu ingin membeli biji kopi, datang saja langsung ke Warung Tinggi. Tapi jika kau lebih suka nongkrong sambil menikmati nikmatnya kopi racikan Warung Tinggi, sambangi saja Bakoel Koffie ini.

1 2
Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.