Teknologi

Inilah Berbagai Pemutakhiran Apple yang Diumumkan pada WWDC 2020

Pinterest LinkedIn Tumblr

Worldwide Developers Conference (WWDC) merupakan gelaran tahunan Apple untuk mengenalkan setiap terobosan yang dilakukan perusahaan teknologi multinasional ini. Biasanya WWDC diselenggarakan di McEnery Convention Center di San Jose, California, dengan tiket masuk yang dibanderol sebesar 1.599 USD untuk para penontonnya.

Namun WWDC 2020 tahun ini diselenggarakan secara virtual, mengingat dunia tengah dilanda pandemi COVID-19. Gelaran ini dimulai sejak tanggal 22 Juni 2020, dengan tanpa penonton dan disiarkan melalui situs apple.com, aplikasi Apple Developer, situs Apple Developer, Apple TV, serta YouTube.

Tidak ada device baru yang diperkenalkan oleh Apple pada tahun ini namun ada berbagai pemutakhiran sistem operasi pada berbagai produknya. Di antaranya adalah iOS 14, iPadOS 14, MacOS 11 Big Sur, watchOS 7, dan tvOS 14.

iOS 14

wwdc 2020
Image source: sea.pcmag.com

Untuk para pengguna iPhone, dalam WWDC 2020 Apple memperkenalkan iOS 14 dengan tampilan Home Screen yang lebih segar. Tampilan baru ini dapat menampilkan widgets dengan ukuran yang beragam.

Selain itu, ada fitur terbaru 13 bahasa dan mode offline untuk aplikasi terjemahan bahasa. Kemudian untuk penggunaan Siri, tidak lagi ditampilkan secara full screen, melainkan hanya pop-up kecil pada bagian bawah tampilan.

iPadOS 14

Image source: osxdaily.com

Sama halnya dengan iOS 14, Apple pun memperkenalkan tampilan baru pada iPadOS 14 pada WWDC 2020 ini. Widget pada pemutakhiran baru ini dapat dipindahkan sesuai keinginan penggunanya, tidak lagi statis berada di sisi tampilan layar.

Peningkatan performa Apple Pencil pun sangat didukung oleh iPadOS 14 ini. Pada fitur Scribble dapat mengonversikan tulisan tangan menjadi teks. Selain diubah, tulisan tersebut pun dapat di-copy dan di-paste untuk aplikasi lainnya.

MacOS 11 Big Sur

wwdc 2020
Image source: thenextweb.com

Bagi para pengguna komputer Mac, kali ini Apple meluncurkan MasOS baru yang dinamai Big Sur. Sistem systesijm ini merupakan versi pertama yang mendukung komputer Mac berprosesor ARM.

Pada MacOS 11 Big Sur pun dilengkapi widget yang membuat berbagai fitur mengenai informasi harian, seperti kalender, jam, cuaca, dan lainnya. Pengembangan pada softwarepun ditingkatkan, mulai dari Safari, Microsoft, hingga Adobe.

Baca juga Adobe Luncurkan Photoshop Camera Untuk Para Penggemar Filter Foto

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.