Destinasi Jawa

Inilah Tempat Wisata yang Populer di Tawangmangu

Pinterest LinkedIn Tumblr

Hash tag Tawangmangu sekarang sedang heboh di jagad Twitter. Kawasan wisata yang berada di Karanganyar ini mendadak ramai diperbincangkan setelah masyarakatnya terlihat ramai mengunjungi tempat wisata di tengah pandemi Covid-19 dan New Normal bahkan belum diterapkan. Daerah Tawangmangu memang destinasi wisata primadona bagi masyarakat setempat. Mau tahu destinasi wisata menarik di Tawangmangu? Yuk, simak ulasannya di Holamigo berikut ini.

Air Terjun Grojogan Sewu

Tawangmangu, tempat wisata
Air Terjun Grojogan – Instagram.com/potret_soloraya

Tempat wisata di Tawangmangu yang ada di daftar nomor satu adalah Air Terjun Grojogan Sewu. Objek wisata ini populer sekali. Mengapa? Itu karena air terjun ini merupakan ikon dari Tawangangu. Air terjun ini ketinggiannya mencapai 81 meter.  Untuk tiba di objek wisata ini, kamu mesti berusaha keras karena kamu harus naik turun anak tangga yang jumlahnya 1250 buah. Terbayang lelahnya?

Grojogan sewu yang merupakan tempat wisata di Tawangmangu ini tak hanya menyajikan keindahan air terjun, tetapi juga keasyikan wahana permainan. Di sini ada flying fox, bermain air, dan kamu juga bisa berdekatan dan berinteraksi dengan kera-kera yang hidup di alam bebas. Mereka bisa ditemukan berkeliaran di lokasi air terjun. Untuk penggemar kuliner, cobalah sate kelinci. Nikmati lezatnya sate kelinci sambil memandangi indahnya Air Terjun Grojogan Sewu.

Balekambang Tawangmangu

Tawangmangu, tempat wisata
Balekambang Tawangmangu – Mariyana Ricky/JIBI/Solopos

Objek wisata di Tawangmangu ini terbilang masih baru, tapi memiliki daya tarik tersendiri. Apa itu? Di sini terdapat miniatur keajaiban dunia, seperti menara Eiffel di Perancis, Colosseum di Italy, patung Sphinx dari Mesir, tembok raksasa di Cina dan masih banyak lagi tempat-tempat lainnya. Tempat wisata ini cocok sekali untuk kamu yang hobi fotografi karena di sini banyak spot menarik untuk dijadikan objek lensa kameramu.

Air Terjun Jumog

Tawangmangu
Air Terjun Jumog – Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya

Tak hanya Air Terjun Grojokan Sewu, di Tawangmangu juga tempat wisata air terjun lain yang bernama Air Terjun Jumog. Kalau berkunjung ke air terjun ini, kamu bisa bermain air di bawahnya karena kolamnya tidak dalam. Pemandangan hijau yang mengelilingi air terjun ini membuat kamu pasti betah. Tingkatan kecil yang dialiri air terjun dan membentuk kucuran air juga terlihat indah.

Air Terjun Jumog terletak di lereng Gunung Lawu, yaitu di Desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso. Anak tangga untuk mencapai air terjun ini jumlahnya 116 buah, jadi tak terlalu berat perjuanganmu untuk sampai di sini tempat wisata di Tawangmangu ini. Oh, iya Air Terjun Jumog jaraknya sekitar 4 km saja dari Air Terjun Grojokan Sewu, jadi sekali jalan, kamu bisa mengunjungi dua air terjun sekaligus. Tempatnya yang tertata rapi membuat banyak wisatawan yang berkunjung.

Wisata Alam Gunung Lawu

Gunung Lawu – Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya

Tak hanya air terjun, di Tawangmangu juga ada yang berupa gunung. Nama destinasi wisata ini Gunung Lawu. Di sini kamu bisa berkemah juga berpetualang. Tinggi Gunung Lawu sekitar 3.265 mdpl. Saat berada di puncak, kamu bisa menikmati pemandangan negeri di atas awan. Layaknya wisata ke gunung pada umumnya, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit di sana. Namun perlu stamina yang kuat serta persiapan yang matang supaya bisa sampai dengan selamat di sini. Lelahnya naik akan terbayar dengan indahnya pemandangan di sini.

Baca juga:

Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi Tawangmangu? Jangan lupa jika akan pergi ke tempat wisata, kamu harus mentaati peraturan kesehatan Covid-19, seperti memakai masker dan jauhi kerumunan agar kamu tetap sehat sepulang dari berwisata.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.