Teknologi

Tren Teknologi yang Bermanfaat Untuk Pariwisata di Masa Pandemi. Ada Apa Saja?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Wabah virus corona yang melanda dunia sejak awal tahun 2020 sangat berdampak terhadap berbagai aspek kehidupan manusia. Berbagai tempat dan kegiatan harus dikurangi dan dibatalkan demi mengurangi penyebaran virus ini.

Salah satu industri yang paling terdampak dari wabah ini adalah pariwisata. Banyak tempat dan sarana pariwisata yang harus tutup selama masa pandemi. Dalam kondisi normal baru, dunia pariwisata perlahan dihidupkan kembali. Untuk menyambutnya, muncul berbagai tren teknologi yang mendukung sarana dan prasarana.

Dalam ulasan kali ini, Holamigo merangkum berbagai tren teknologi yang membantu dunia pariwisata di masa pandemi.

Augmented Reality (AR)

Tren Teknologi
Image credit: Tobias (unsplash.com)

Pada kondisi normal baru, beberapa tempat wisata mulai dibuka kembali dengan protokol kesehatan khusus. Dalam sebagian tempat, biasanya disediakan jasa pemandu. Namun dalam upaya physical distancing di tengah pandemi ini, tren teknologi Augmented Reality (AR) dapat dipergunakan sebagai perpanjangan dari pemandu wisata.

Dengan Augmented Reality, tempat-tempat wisata bisa menyajikan informasi melalui fitur yang dapat diakses oleh pengunjung melalui ponselnya masing-masing. Teknologi ini dapat mengurangi pertemuan manusia secara fisik.

Virtual Reality (VR)

Image credit: stem.T4L (unsplash.com)

Teknologi Virtual Reality sudah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, terutama dalam dunia hiburan. Virtual Reality dikembangkan dengan menggunaan foto dan video 360 derajat.

Dalam dunia pariwisata tren teknologi Virtual Reality dimanfaatkan untuk menyajikan ragam tur secara virtual. Selain itu, teknologi yang satu ini pun dapat digunakan untuk melihat peta atau denah suatu ruangan.

Artificial Intelligence (AI)

Image credit: Linda Söndergaard (unsplash.com)

Tren teknologi lainnya yang bisa dimanfaatkan di masa pandemi ini adalah Artificial Intelligence (AI). Teknologi ini dirancang untuk mendukung pelayanan terhadap pengguna secara mandiri. Ada banyak jenis Artificial Intelligence yang bisa digunakan dalam dunia pariwisata, seperti self-driving carnavigator, dan masih banyak lagi.

Recognition Technology

Image credit: Apple/YouTube

Salah satu tren teknologi yang menarik dalam situasi pandemi ini adalah sistem pengenalan. Ada berbagai jenis sistem untuk ini, di antara facial recognition untuk mengidentifikasi dengan wajah, dan retina scanning untuk mengidentifikasi dengan mata. Teknologi ini dapat mengurangi kontak fisik dan membantu berbagai kebutuhan, contohnya untuk akses masuk hotel, gedung, dan tempat lainnya.

Baca juga VN Video Editor Maker Vlognow, Aplikasi Video Maker Keren Untuk Vlogger

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.