Destinasi Sulawesi

Intip Keindahan Pulau Cinta Gorontalo, Maldivesnya Indonesia

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kalau kamu mencari tempat bulan madu yang romantis, Pulau Cinta Gorontalo bisa menjadi pilihan yang tepat. Pulau yang dikatakan sebagai Maldivesnya Indonesia di Gorontalo ini suasananya memang mirip dengan Maldives yang memiliki resor di atas laut. Tempat wisata ini tak hanya dikunjungi wisatawan domestik, tapi juga wisatawan mancanegara pun ada yang menghabiskan waktu liburan mereka di sini.

Pulau Cinta Gorontalo berada dalam wilayah administratif Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Jika berniat untuk berbulan madu atau berlibur ke pulau ini, salah satu tempat untuk menginap di sini yang bisa jadi pilihan eco resort. Penginapan ini  berupa cottage yang berdiri di atas laut yang membentuk simbol cinta. Tak heran mengapa pulau ini disebut sebagai Maldivesnya Indonesia. Karenanya tempat ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan bulan madu mereka.

Cerita di Balik Pulau Cinta Gorontalo

Pulau cinta gorontalo, maldivesnya indonesia
Pulau Cinta Gorontalo – Instagram/@_tukangphoto

Maldivesnya Indonesia ini menurut legenda merupakan lokasi pertemuan rahasia antara pangeran dari Gorontalo dengan putri saudagar yang seorang warga Belanda. Pasangan ini tak mengindahkan peperangan yang terjadi di antara kedua negara yang menjadi tempat asal mereka. Keduanya diam-diam bertemu di tempat ini, yang sekarang dikenal sebagai Pulau Cinta Gorontalo.

Berdasarkan legenda serta bentuknya, kita jadi paham mengapa pulau ini disebut sebagai Pulau Cinta Gorontalo. Awalnya pulau cinta adalah pulau yang tak berpenghuni. Namun Dinas Pariwisata Gorontalo menyadari potensi besar yang dimiliki pulau ini, maka dikembangkanlah tempat ini jadi objek wisata. Di sini berdiri Eco Resort yang memiliki 15 Cottage. Tiap cottage dihubungkan dengan jembatan kayu posisinya membentuk simbol hati, mengelilingi pulau ini.  

Memiliki Alam Bawah Laut yang Indah

maldivesnya indonesia
Keindahan bawah laut Laut Gorontalo – Instagram/@ema_outsider

Keindahan taman laut di Gorontalo ini tak usah diragukan lagi. Banyak wisatawan yang dibuat berdecak kagum ketika melihatnya. Selain itu, Pulau Cinta Gorontalo juga memiliki banyak spot diving untuk para penyuka olah raga air.  Penghuni cottage bahkan bisa langsung menceburkan diri dengan loncat langsung dari kamar penginapannya. Tak hanya diving, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas snorkeling. Untuk bisa menyelam di kawasan Teluk Tomini, kamu harus naik perahu terlebih dahulu. Untuk menikmati keindahan alamnya, kamu tak perlu menyelam hingga dalam, cukup 2 sampai 3 meter saja dan kamu sudah bisa menyaksikan keindahan yang memanjakan mata.

Menjelajahi Hutan

maldivesnya indonesia
Menjelajahi hutan – Instagram/@gorontalo_tourism

Destinasi wisata Pulau Cinta Gorontalo ini mempunyai potensi wisata yang menarik yang sayang jika tak dijelajahi. Di kawasan ini terdapat daerah hutan rindang yang berlokasi tepat di seberang Pulau Cinta. Kalau kamu suka tantangan, area hutan ini bisa dimanfaatkan dengan melakukan aktivitas menjelajahi  hutan. Kamu bisa trekking sambil menikmati keindahan pemandangan hutan yang dipenuhi dengan pohon rindang.

Baca juga:

Lokasi

Lokasi destinasi wisata Pulau Cinta Gorontalo yang dikatakan Maldivesnya Indonesia ini berlokasi di kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Kota Gorontalo kerap kali disebut sebagai Kota hulontalo atau dijuluki Kota Serambi Madinah.

Akses

Kalau datang dari pulau lain dan berencana untuk berlibur ke Pulo Cinta Gorontalo, kamu bisa naik pesawat yang menuju ke Bandara Jalaluddin, Gorontalo. Dari  bandar perjalanan bisa diteruskan dengan menggunakan mobil. Dari bandara menuju Kabupaten Boalemo memakan waktu tempuh sekitar 2 jam. Perjalanan selanjutnya adalah dengan menggunakan kapal menyeberang menuju Pulau Cinta dengan waktu tempuh sekitar 25 menit.

Indonesia tak kalah dari Maldives. Pulau Cinta menjadi bukti bahwa Indonesia kaya dengan destinasi wisata yang cantik memukau. Kalau berencana untuk honeymoon, coba kunjungi pulau yang menjadi Maldivesnya Indonesia ini.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.