Destinasi Indonesia Kalimantan

Intip Kuliner Khas Kalimantan Timur Sang Ibu Kota Baru

Pinterest LinkedIn Tumblr

Beberapa waktu lalu, telah diumumkan bahwa Ibu Kota akan pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di kabupaten Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara. Mungkin jika kamu sering dengar makanan khas ibu kota adalah kerak telor, bir pletok, toge goreng, dan masih banyak lagi. Kini makanan khas ibu kota pun berganti, dan yang pasti tak kalah menggiurkan.

Kuliner sang ibu kota baru pun merupakan perpaduan dari berbagai suku. Mulai dari suku asli Kalimantan Timur, Kutai dan Dayak dengan suku pendatang seperti Banjar dan Bugis. Jadi, jangan heran kalau di Kalimantan Timur, kamu pun dapat menemukan kuliner khas Banjar dan Bugis.

Tertarik untuk datang ke ibu kota baru? Intip dulu kuliner berikut yang mungkin akan kamu cicipi setelah singgah di tempat.

Pisang Gapit

View this post on Instagram

Memanfaatkan pisang yang udah mateng dan sisa kinca gula santan kayu manis colenak yang beberapa hari lalu aku buat. Rasanya sama maknyusssnya. Must try. . . PISANG BAKAR KINCA DAN KEJU KACANG By. @andinskitchen . Bahan : Secukupnya pisang raja atau kepok matang manis *belah 2 lalu pipihkan sedikit (penyet sedikit) Secukupnya margarin Secukupnya kacang tanah gongseng/goreng juga boleh, tumbuk kasar Secukupnya keju parut . Bahan kinca : 5 sdm gula merah sisir 2 sdm gula pasir 1 saset santan kara 1/4 sdt garam 1/2 – 1 sdt kayu manis *sesuaikan selera 1 lembar daun pandan *simpulkan 1/2 gelas air . Langkah : 1. Oles pan anti lengket dengan margarin secukupnya lalu bakar pisang sambil dioles2 margarin sampai kematangan yang diinginkan. Tiriskan. 2. Panaskan semua bahan kinca pada panci, aduk sampai mendidih dan atur kekentalan sesuai selera, boleh tambah air jika mau. Koreksi rasa. 3. Sajikan pisang bakar dengan kinca dan taburan kacang juga keju parut. Gampang kan, yuk coba! . . . . . #pisangbakar #pisanggapit #pisangbakarkuahkinca #pisang #olahanpisang #cemilanpisang #pisangpenyet #bananafritters #bananapuff #snack #sweetdessert #dessert #dnypisang #dnypisangbakar – #regrann

A post shared by Galery Resep Masakan Rumahan (@numpangsaveresep.id) on

 

Dari tampilannya mungkin seperti kudapan manis biasa yang biasa dijumpai di daerahmu, pisang keju. Kata gapit sendiri berasal dari bahasa Banjar dan Kutai yang berarti jepit. Jadi, metode membuat pisang gapit ini memang dijepit yang kemudian pisang yang telah dijepit dipanggang hingga empuk. Pisang gapit pun biasanya dilumuri dengan saus karamel yang terbuat dari gula merah dan santan. Beberapa sajian pisang gapit pun dilengkapi dengan topping lain seperti keju.

 

Bingka

 

Sebenarnya kue Bingka ini salah satu kuliner khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Namun, kamu pun bisa menemukan kue Bingka ini di sekitar Kalimantan Timur. Kue cantik nan nikmat ini terbuat dari campuran kentang, telur itik, mentega, susu, santan, dan gula. Rasanya pun cenderung manis, agak berminyak dan bertekstur lembut. Kue Bingka pun memiliki banyak varian rasa, mulai dari keju, pisang, cokelat, pandan, hingga gula merah.

 

Nasi Bekepor

 

Kamu mungkin akan teringat nasi uduk atau nasi liwet saat melihat nasi bekepor pertama kali. Nasi bekepor sendiri adalah campuran dari nasi putih dengan minyak sayur dan berbagai macam rempah-rempah. Dibuatnya pun dengan kuali besar sehingga menambah cita rasa dari nasi bekepornya sendiri. Resep nasi bekepor sendiri termasuk resep tua dan sudah diturunkan turun temurun sejak zaman Kerajaan Kutai Kertanegara. Bahkan, resep nasi bekepor ini hanya diperuntukkan bagi keluarga kerajaan saja.

 

Bubur Pedas

View this post on Instagram

• • • • • Traveling juga tak lepas dari yang namanya wisata kuliner. Siapa yang pernah cobain makanan khas Kabupaten Sambas yang satu ini ? . . Bubur Pedas, makanan khas melayu, berbahan beras tumbuk yang disangrai bersama rempah-rempah. Bubur ini dimasak bersama daun sayuran yang diiris. Daun khas bubur ini ialah daun kesum (Persicaria odorata/Polygonum minus) yang rasanya sulit saya jelaskan. Barang kali sejenis daun kemangi namun dengan "tendangan" yang lebih kuat. Bubur ini disajikan bersama kacang tanah goreng dan ikan teri dalam keadaan panas. . . . ? @irwandioldprint . . . #buburpedas #Sambas #singkawang #borneo #budayadayak #kalbar #exploreborneo #borneoisland #kuching #sabahtourism #tanjungputingnationalpark #malaysiaku #sandakan #dayaknusantara #pesonadayak #dayaknese #kalteng #melawi #sampit #dayak #sukudayak #dayakculture #dayakcantik #ruangdayak #melayu #hulusungaitengah #rakatcintadamai #indonesiatimur #maumere #silatindo

A post shared by Borneo Tourism (@borneo_tourism) on

 

Bubur pedas ini pun sebenarnya bukan berasal dari Kalimantan Timur, melainkan dari Kalimantan Barat, tepatnya makanan khas suku Sambas Kalimantan Barat. Namun, kamu pun dapat dengan mudah menemukan bubur pedas di Kalimantan Timur, terlebih bubur pedas pun salah satu kuliner favorit di Kalimantan Timur. Rasanya yang pedas dan hangat khas rempah-rempah, menjadikan bubur ini begitu nikmat disantap.

Bubur pedas ini pun dibuat dengan beberapa rempah khas seperti jintan, ketumbar, lada hitam, lengkuas, dan cabai. Lalu, bubur pedas pun ditaburi dengan ikan teri, kacang goreng, dan bawang goreng. Maka, tidak heran jika rasa bubur pedas ini diminati di luar daerah asalnya.

 

Amplang

flickr.com/belangaid

Kalau palembang punya kerupuk ikannya yang super kriuk dan gurih. Maka Kalimantan Timur memiliki amplang yang sekilas mirip pula bentuknya dengan kuku macan. Bahan dasar untuk membuat amplang ini pun dari ikan, dan baunya pun khas kudapan dari ikan. Hanya saja tidak ada bau amis, jadi amplang ini bisa menjadi kudapan ikan yang nikmat.

 

Gence Ruan

 

Sajian ini salah satu sajian yang wajib dicoba saat datang ke Kalimantan Timur, Gince Ruan. Ikan gabus atau masyarakat lokal menyebutnya ikan haruan, yang dibaluri dengan garam kemudian dibakar. Tidak hanya itu, ikan gabus yang telah matang pun dibaluri sambal matang yang terdiri dari tumisan berbagai rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabe, dan lainnya.

 

Sate Payau

flickr.com/barrykusuma

Ini dia kuliner yang mungkin kamu sendiri akan susah mencarinya yaitu Sate Payau. Dari segi penampilan mungkin akan terlihat sama dengan sate pada umumnya. Namun, ada yang unik dari sate ini, yaitu dari bahan dasarnya. Bukan dari daging ayam, sapi, ataupun kambing, melainkan dari daging rusa. Sate ini kaya akan protein dan memiliki tekstur yang luar biasa lembut, jika dibandingkan dengan daging sapi. Hanya saja, sate ini hanya disajikan pada upacara adat tertentu atau festival. Karena daging rusa sendiri begitu terbatas, dan kini rusa pun menjadi hewan yang dilindungi.

Jadi, dari sekian banyak kuliner khas Kalimantan Timur berikut, mana yang membuatmu penasaran untuk coba?

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.