Kuliner

Intip Makanan Apa Saja yang Sering Muncul di Drama Korea!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kalau kamu pecinta drama Korea, pastinya kamu sudah sangat familiar dengan hidangan khas yang kerap kali muncul. Dari mulai hidangan yang sederhana hingga istimewa, semuanya tampak menggugah selera, kan? Kamu berminat mencari tahu mengenai kuliner khas Korea, khususnya yang berkaitan dengan dramanya? Kalau begitu simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya!

Eomuk atau Odeng

odeng sering muncul dalam drama korea
Image source: futuredish.com

Dalam drama Korea, kamu akan mendapati penjual eomuk atau odeng dipinggir jalan atau kedai tenda. Makanan ini juga dianggap sebagai street food yang digemari banyak orang. Eomuk terbuat dari daging ikan halus yang dicampur bersama tepung terigu dan bumbu khas Korea. Biasanya hidangan ini disajikan dengan tusuk sate sebelum direbus atau digoreng. Bisa juga disajikan bersama kuah panas dan cocok disantap sebagai makanan penghangat kala musim dingin. Selain dijual di pinggir jalan atau kedai tenda, kamu juga bisa menemukan eomuk di toko makanan, supermarket, dan restoran. Bahkan, hotel berbintang di Korea sana juga menyajikan hidangan ini lho!

Tteokbokki

Image source: @sayko.pirinckekleri

Yakin deh pecinta drama Korea sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Korea ini. Penikmat kuliner pedas juga pasti akan menyukai tteokbokki karena cita rasanya yang bisa menggelitik lidah. Sajian berbahan dasar tepung beras ini disajikan bersama saus kental berwarna oranye atau merah terang yang terbuat dari fermentasi kedelai dan cabai merah. Oh ya, makanan ini sempat dianggap sebagai makanan istimewa yang hanya disajikan di istana saja. Tetapi, seiring perubahan zaman, tteokbokki pun bisa dinikmati oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Kimbap

kimbap, makanan khas korea
Image source: @jiehae

Memiliki penampilan yang mirip sushi, kimbap merupakan makanan yang kerap kali muncul di drama Korea. Bahan utamanya adalah nasi yang diberi isian beragam seperti sayuran, telur, acar, surimi, tahu, hingga daging dan ikan. Setelah diberi isian, nasi akan digulung bersama rumput laut dan dipotong kecil-kecil.

Korean Fried Chicken

Image source: @parisfoodtour

Korea memiliki sajian ayam goreng khas dan kerap kali pemeran dalam drama Korea menyantapnya bersama mekju alias bir khas Korea. Tradisi menyantap ayam goreng dengan mekju dikenal dengan istilah chimek (chiken + mekju). Dalam bahasa mereka, ayam goreng ini disebut yangnyeom tongdak. Berbeda dengan orang Indonesia yang menjadikan ayam goreng sebagai lauk pendamping nasi, masyarakat Korea menyantap yangnyeom tongdak sebagai camilan. Dari segi penyajian, ayam yang telah dibalut tepung kemudian digoreng dan dicampur bersama saus kental khas Korea yang terbuat dari madu, bawang putih, bubuk cabai, kacang tanah, dan taburan wijen.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.