Event Kalimantan

Iraw Tengkayu, Pesta Rakyat di Provinsi Kalimantan Utara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Iraw Tengkayu adalah salah satu upacara adat yang diadakan oleh penduduk suku Tidung yang tinggal di Tarakan. Kota Tarakan adalah salah satu tempat wisata di Provinsi Kalimantan Utara. Kota ini memiliki semboyan “Bersih, Aman, Indah, Sehat dan Sejahtera” atau BAIS. Festival Iraw Tengkayu diadakan tiap 2 tahun sekali dan diselenggarakan bertepatan dengan hari jadinya kota Tarakan.

Upacara adat Iraw Tengkayu merupakan sebuah upacara ritual yang dilakukan oleh masyarakat setempat dengan cara menghanyutkan sesaji ke laut. Karena hanya diselenggarakan tiap 2 tahun maka acara ini menjadi sebuah acara yang istimewa juga dinanti-nanti.

Arti Kata Kota Tarakan

Iraw Tengkayu Kalimantan Utara
Image source : pesona.travel

Apakah kamu tahu bahwa kota Tarakan ternyata berarti suku asli dari Tarakan dalam bahasa Tidung? Tarakan berasal dari kata “Tarak” yang memiliki arti bertemu sementara “Ngakan” berarti makan. Artinya bertemu makan. Itu berarti daerah Tarakan jadi tempat untuk singgah bagi para nelayan.

Arti dari Festival

tempat wisata
Instagram @rutantara_entertainment

Budaya yang menjadi daya tarik wisata di kota Tarakan adalah Festival Iraw Tengkayu. Acara ini juga dikenal dengan nama Pesta Rakyat Iraw Tengkayu. Acara ini diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Itu karena acaranya disatukan dengan peringatan hari jadi dari kota Tarakan yang ada di Provinsi Kalimantan Timur. Event ini sudah ada dalam Calender of Event dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Iraw Tengkayu adalah budaya yang dilakukan secara turun-temnurun oleh suku Tidung yang tinggal di kota Tarakan Provinsi Kalimantan Timur. Nama festival tersebut terdiri dari dua kata yang merupakan kata dari bahasa Tidung, yaitu “Iraw” yang artinya pesta atau perayaan sementara “Tengkayu” merupakan sebuah pulau kecil yang dikelilingi laut, yang tak lain adalah Pulau Tarakan.

Inti dari festival ini adalah penurunan Padaw 7 Dulung. Dalam bahasa Indonesia “Padaw” artinya perahu sedangkan “7 Dulung” artinya tujuh tiang yang menancap di atas perahu dengan hiasan berwarna khas suku Tidung, yaitu merah, kuning, hijau. Padaw 7 Dulung mempunyai 3 haluan. Haluan yang berada di bagian tengah terdiri dari 3 tingkat sedangkan haluan lain yang terletak di kanan dan kiri perahu terdiri dari 2 tingkat. Jadi kalau dihitung dari tiap-tiap haluan ada 7 tingkat.

Kegiatan Selama Festival

upacara adat
Instagram @prinmar.sky

Banyak acara yang diselenggarakan selama pesta rakyat ini, seperti pameran, expo, pentas seni dan budaya, bazaar, lomba band indie dan masih banyak lagi. Puncak pesta rakyat ini berlangsung hingga saat pergantian tahun baru.

Baca juga:

Nikmati Keseruan Festival Budaya Indonesia di Festival Mahakam

Mengenal Lebih Dekat Borobudur Writers and Cultural Festival, Acara Tahunan Penggiat Sastra dan Budaya

Jangan lewatkan Festival Iraw Tengkayu ini karena upacara adat yang diselenggarakan tempat wisata kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara ini karena hanya ada 2 tahun sekali.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.