Destinasi Indonesia Papua

Jangan Lewatkan 5 Pesona Taman Nasional Teluk Cenderawasih Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Taman Nasional Teluk Cenderawasih dikenal sebagai taman perairan laut terluas di Indonesia. Berlokasi di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, keindahan taman nasional ini tidak kalah dengan Raja Ampat lho! Mau tahu apa saja keindahan yang ditawarkan tempat wisata ini? Ini dia lima rekomendasi tempat wisata di Teluk Cenderawasih yang wajib masuk travel bucket list kamu:

Pulau Nusrowi

pulau nusrowi di taman nasional teluk cenderawasih
Image source: @tn.teluk_cenderawasih

Pulau Nusrowi  tersohor karena memiliki spot menyelam yang eksotis. Tidak heran bila banyak pecinta snorkeling dan diving yang mendatangi Pulau Nusrowi untuk menyaksikan keragaman baharinya. Meskipun kamu tidak memiliki lisensi diving atau belum pernah mencoba snorkeling sebelumnya, kamu tetap bisa menikmati keindahan bawah laut di salah satu tempat memesona yang ada di Taman Nasional Teluk Cenderawasih ini.

Pulau Yoop

Image source: Pesona Indonesia (pesona.travel)

Ingin berinteraksi langsung dengan lumba-lumba dan ikan paus? Kamu bisa mendatangi Pulau Yoop, salah satu spot wisata yang ada di Teluk Cenderawasih. Di sini, kamu bisa menyelam bersama paus dan lumba-lumba sekaligus menikmati berbagai peninggalan kolonial dari abad ke-18.

Pulau Mioswaar

image source: triptrus.com

Di Pulau Mioswaar terdapat goa alam yang sudah ada sejak zaman purba. Goa ini juga merupakan peninggalan leluhur etnis Wandau. Etnis Wandau sendiri dipercaya sebagai etnis pertama yang datang ke Pulau Mioswaar. Selain goa purba yang bisa kamu kunjungi, di pulau ini kamu bisa merasakan sensasi mandi air panas  yang mengandung belerang dan tanpa kadar garam. Berbagai pesona alam lain seperti air terjun indahnya pun bisa kamu nikmati. Jadi, kalau berwisata ke Taman Nasional Teluk Cenderawasih, jangan lupa berkunjung ke Pulau Mioswaar ya!

Pulau Roon

Image source: @fajar.dado

Sama halnya seperti pulau-pulau lain yang ada di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Pulau Roon menyimpan keindahan yang tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan. Pulau ini dikenal sebagai salah satu spot menyelam terbaik di Teluk Cenderawasih. Ada juga berbagai jenis fauna seperti kelelawar dan burung yang meninggali pulau ini. Keindahan alamnya memang memukau, tapi tidak ada salahnya bila kamu menyentuh sisi sejarah yang ada di pulau ini. Contohnya dengan mengunjungi gereja tua yang tersohor di Pulau Roon. Berlokasi di Kampung Yende, Distrik Roon, gereja ini memiliki Kitab Injil yang berusia lebih dari 120 tahun. Arsitektur dari gereja ini pun tidak kalah menariknya untuk dinikmati.

Pulau Rumberpon

Image source: @adrian_jentewo

Salah satu surga dunia yang terletak di Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Dikenal dengan pantai pasir putih sepanjang 6 km, Pulau Rumberpon menyuguhkan berbagai  aktivitas menarik seperti snorkeling dan diving. Kamu juga bisa mengamati berbagai satwa liar yang unik serta mengeksplorasi hutan bakau yang ada di pesisir lain Pulau Rumberpon.

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.