Informasi

Masker Mulai Wajib Digunakan, Kenali Dulu Jenis dan Penggunaannya!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Per tanggal 5 April 2020, Achmad Yurianto – selaku Jubir Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona mewajibkan seluruh masyarakat yang keluar rumah mengenakan masker. Hal ini pun mendukung anjuran Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Dengan adanya anjuran seperti ini, tentunya kamu jangan dulu panik karena masker kini semakin sulit dicari atau harganya semakin melonjak.

Melansir Okezone.com, dr Erlina Burhan, MSc, SpP(K) dari FKUI dan RSU Persahabatan menyampaikan tentang berbagai jenis masker yang bisa digunakan untuk perlindungan wabah virus corona. Mungkin jika kamu perhatikan, kini banyak tersedia yang berbahan kain yang bisa dicuci dan tidak sedikit orang mulai menggunakan masker ini. Jika kamu ragu untuk berpindah ke masker kain, setidaknya kamu kenali beberapa jenis masker ini. Sehingga kedepannya, kamu bisa lebih bijak dalam memilih dan lebih tahu penggunaannya.

Masker Bedah

jenis masker untuk virus corona
pri.org

Masker bedah atau surgical mask adalah jenis yang paling umum dan sering digunakan oleh orang-orang. Sejak merebaknya covid-19 di Indonesia, jenis ini sering menjadi sasaran oknum tidak bertanggung jawab untuk ditimbun. surgical mask sendiri jika digunakan oleh orang awam yang biasanya terserang gejala salesma atau pilek, batuk, hingga sakit tenggorokan. Sementara selain itu, masker ini digunakan oleh tenaga medis di fasilitas kesehatan.

Tingkat filterisasinya mencapai 30 hingga 50%, karena pada dasarnya kemungkinan kebocoran bisa terjadi pada sisi kanan dan kiri. Alasan lainnya adalah karena surgical mask tidak menutup seluruh bagian wajah. surgical mask memang mampu mencegah droplet menyentuh daerah hidung sampai mulut. Sayangnya, masker ini tidak mamu menangkal partikel aerosol maupun airborne. Belum lagi, surgical mask hanya bisa digunakan sekali.

N95

jenis masker untuk virus corona
wikimedia.org

Masih sejenis dengan surgical mask , N95 ini digunakan oleh tenaga medis yang memiliki kontak langsung dengan pasien yang mengidap infeksi beresiko tinggi. Jadi perlu kamu tahu pula jika N95 ini bukan tipikal masker yang digunakan oleh orang awam. N95 ini memiliki perlindungan dengan efektivitas tinggi. Sebab N95 ini dapat memfilter partikel kecil hingga 95%. Maka tidak heran jika N95 ini dapat memproteksi kamu dari droplet, aerosol, hingga airborne. Belum lagi N95 jenis ini tidak memiliki resiko kebocoran.

Sama seperti surgical mask , N95 pun tidak bisa dipakai berulang kali. N95 hanya bisa digunakan sekali saja. Selain itu, N95 ini disarankan hanya digunakan oleh tenaga medis. Selain itu, walau N95 memiliki kemampuan filtrasi tinggi, N95 ini yang paling tidak nyaman digunakan serta menyesakkan. Maka N95 tidak bisa digunakan setiap hari.

Masker Kain

jenis masker untuk virus corona
etsy.com

Sudah banyak yang mengimbau jika orang awam sebaiknya gunakan masker kain selama pandemi covid-19. Hal tersebut dikarenakan kelangkaan stok kedua jenis sebelumnya. Selain itu, kedua masker tersebut dibutuhkan para tenaga medis. Jika kondisi tubuh kamu sehat namun kamu perlu keluar rumah, menggunakan masker kain pun sudah cukup.

Walaupun tingkat proteksi masker kain ini kemungkinan hanya sekitar 30% hingga 35% saja, jika penggunaannya sudah tepat. Masker kain sudah cukup melindungi kamu dari pandemi virus corona. Saat menggunakannya, pastikan tangan kamu sudah bersih. Kemudian pasangkan masker tanpa menyentuh bagian penutup nya dengan meraih talinya. Lalu pastikan terpasang sempurna dan erat melindungi seluruh daerah hidung hingga dagu.

Jika selesai digunakan, lepas pelindung ini dengan memegang talinya. Hindari menyentuh bagian penutup. Kemudian segera cuci kain menggunakan detergen dan air panas. Dengan Begitu, pelindung kain kamu siap digunakan lagi, bila perlu.

Face Respirator

jenis masker untuk virus corona
pikrepo.com

Face respirator seringkali digunakan oleh pekerja industri yang beresiko terkena paparan gas berbahaya. Untuk itu wajar saja face respirator jarang dijumpai di sekitar kamu. Terlepas dari golongan penggunanya sangat terbatas, face respirator memiliki perlindungan paling maksimal yakni 100%. Pasalnya face respirator ini dapat menangkal segala partikel mulai dari droplet, aerosol, hingga airborne. Kemudian face respirator tidak ada resiko kebocoran, sehingga face respirator mampu memfilter partikel paling kecil hingga 0.01 mikron. Hanya saja setelah penggunaan, face respirator perlu dibersihkan dengan disinfektan dengan benar dan menyeluruh.

Terlepas dari berbagai masker yang digunakan, benda ini bukan satu-satunya solusi bagi kamu untuk terhindar dari virus corona atau covid-19. Kamu pun tetap harus selalu menjaga kebersihan diri dan tangan, untuk mengurangi resiko terpapar virus corona. Selain itu kamu pun tetap harus menerapkan physical distancing dan melakukan gaya hidup sehat untuk menjaga sistem imun tubuh.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.