Informasi

Kaldera Toba Kini Jadi Bagian Dari UNESCO Global Geopark

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam sidang dewan UNESCO pada 7 Juli lalu di Paris, disepakati bahwa Kaldera Toba menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark. Sebagai bagian dari jaringan Global Geopark, salah satu objek wisata Indonesia ini bisa mengembangkan potensinya, khususnya dalam pemberdayaan masyarakat lokal.

Informasi ini langsung disampaikan oleh Arrmanatha Nasir, duta besar Indonesia untuk Prancis. Dia mengatakan pemerintah Indonesia berhasil meyakinkan Unesco tentang potensi geologis Kaldera Toba untuk menopang kehidupan masyarakat setempat melalui budaya, tradisi, dan keanekaragaman hayati yang kaya.

Daerah di mana Kaldera tersebut berada adalah rumah bagi orang-orang Batak asli, menurut Observatorium Bumi Singapura. Deklarasi tersebut diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan di provinsi tersebut.

BACA JUGA:

Tentang Kaldera Toba

Caldera Toba pertama kali didaftarkan menjadi Global Geopark pada 2014, sebelum berdirinya Unesco Global Geoparks. Sayangnya permohonan saat itu ditolak. Menurut Earth Observatory of Singapore, kaldera Toba terkenal karena erupsi supervolcanic yang terjadi sekitar 73.000 tahun lalu. Kejadian tersebut bahkan mampu mengubah iklim.

Peristiwa itu berlangsung sekitar 2 minggu dan menghasilkan sekitar 2.800 km3 material letusan. Kejadian alam ini adalah letusan eksplosif terbesar yang pernah terjadi dalam 25 juta tahun terakhir!

Pulau Samosir-sartikasamosir.com

Setelah letusan tersebut, tanah di sekelilingnya runtuh dan meninggalkan kaldera modern. Lubang kaldera tersebut kemudian terisi air hingga membentuk Danau Toba. Pulau Samosir adalah kubah gunung berapi yang muncul kembali akibat tekanan dari magma yang tidak meletus di ruang di bawah gunung berapi. Gunung berapi Pusukbukit di pantai barat danau juga terbentuk setelah letusan dahsyat.

Selain kaldera Toba, Indonesia memiliki empat situs Geopark Global Unesco lainnya, yaitu, Gunung Batur di Bali, geopark Ciletuh di Jawa Barat, geopark Gunung Sewu yang mencakup Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan Gunung Rinjani di Nusa Barat.

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.