Kuliner

Kamu Generasi 90an? Yuk Nostalgia Sama 24 Jajanan Jadul Ini!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Jajanan jadul apa sih yang jadi favorit kamu di tahun 1990an? Kalau kamu termasuk dalam generasi 90an, berbagai makanan dan cemilan yang populer di tahun itu pasti menjadi favorit kamu, kan? Apalagi di era digital yang serba modern seperti sekarang ini, makanan dan cemilan jadul tersebut sudah jarang ditemui. Nah, untuk ngobatin kangen kamu, Holamigo bakal ngajakin nostalgia ke tahun 90an melalui 21 jajanan yang populer di tahun tersebut:

Magic Pop

magic pop populer di kalangan generasi 90an
Source: idntimes.com

Sebenarnya permen ini masih bisa ditemukan di beberapa minimarket atau supermarket. Yang ikonik dan bikin jajanan jadul ini populer yaitu ketika kamu memakannya, pasti deh ada sensasi meledak di mulut. Makanya permen ini juga sering disebu permen meledak.

Permen Susu Sapi

permen susu sapi
Source: today.line.me

Generasi 90an pasti inget kan sama permen rasa susu berbentuk sapi ini? Jajanan jadul ini banyak digemari karena rasanya yang creamy seperti susu dan bentuknya yang lucu. Selain itu harganya juga murah.

Permen Rokok

jajanan jadul permen rokok
Source: tokopedia.com

Siapa yang suka pura-pura ngerokok pakai permen ini? Jajanan jadul satu ini dibentuk seperti rokok, tapi aslinya permen lho! Pokoknya permen rokok ini jadi jajanan hits deh!

Cokelat Koin

cokelat koin
Source: grid.id

Salah satu jajanan jadul favorit Generasi 90an ini bentuknya seperti koin. Jika bungkus berwarna keemasannya dibuka, kamu akan menemukan cokelat dengan rasa yang manis dengan sedikit rasa pahit.

Cokelat Payung

jajanan jadul cokelat payung
Source: bukalapak.com

Ciri khas dari jajanan jadul ini yaitu bentuknya yang menyerupai paying tertutup. Anak-anak generasi 90an suka banget sama jajanan manis ini.

Cokelat Kacamata

cokelat kacamata terkenal di kalangan generasi 90an
Source: wowkeren.com

Cokelat warna-warni yang dibungkus dengan bungkusan yang menyerupai kacamata atau angka delapan. Kalau lagi iseng, anak-anak suka nempelin bungkus cokelatnya ke mata biar kelihatan pakai kacamata katanya. Lucu banget ya tingkah anak-anak di generasi 90an!

Es Potong

es potong
Source: craftlog.com

Warnanya yang beragam dengan rasa yang tak kalah beragamnya menjadikan es potong ini sebagai salah satu jajanan jadul generasi 90an. Udah gitu, di atasnya juga dikasih topping lelehan cokelat yang akan membeku karena terkena dinginnya suhu es.

Telur Gulung

generasi 90an suka dengan telur gulung
Source: food.detik.com

Saking populernya jajanan jadul yang satu ini, kamu masih bisa kok nemuin penjual yang menjajakan telur gulung. Malah dengan variasi yang cukup berbeda dengan penggunaan bahan lain seperti bihun, sosis, bakso, dll. Malah ada modifikasi lain yang dikenal dengan nama cilur alias aci yang digoreng bersama kocokan telur.

Mie Lidi

mie lidi
Source: mesinmie.id

Kangen sama mie lidi? Gak sulit kok kamu nemuin jajanan jadul yang populer di tahun 90an ini. Sekarang juga rasanya sudah bervariasi dan gak melulu rasa original atau pedas.

Rambut Nenek

rambut nenek
Source: goodnewsfromindonesia.id

Jajanan manis ini emang favorit banget deh! Rasanya yang manis serta tekstur yang lembut bikin para pecinta kuliner manis ketagihan untuk memakannya lagi dan lagi.

Wafer Superman

wafer superman
Source: kumparan.com

Saking populernya jajanan jadul ini, gak susah kok menemukan wafer superman. Malah supermarket besar pun ikut menjualnya. Kalau dulu ukurannya kecil, sekarang ada yang jumbo lho!

Anakmas

anak mas jajanan jadul
Source: food.detik.com

Katanya sih anakmas ini tuh terbuat dari mie mentah lalu dikasih bumbu penyedap. Rasa gurih dari bumbu dan renyah dari mie kering ini sering bikin kangen para generasi 90an lho!

Mie Gemez

mie gemez populer di kalangan generasi 90an
Source: bukalapak.com

Jajanan jadul ini serupa dengan Anakmas. Bedanya, bungkusnya lebih ikonik dengan gambar anak kecil dan tulisan ‘Gemez’.

Es Lilin

es lilin
Source: goodminds.id

Salah satu es yang jadi favorit generasi 90an. Es lilin dikemas dalam plastik dan bentuknya panjang. Rasanya pun bervariasi, dari mulai cokelat, kacang hijau, stroberi, dll.

Tictic

tic tic generasi 90an
Source: bisnishotel.com

Gurihnya snack kentang rasa bawang ini bikin nagih terus. Sebenarnya Tictic masih ada kok sampai sekarang. Hanya saja dikemas dalam ukuran lebih besar dan desain yang lebih modern.

Chuba

chuba
Source: tokopedia.com

Keripik singkok yang memiliki rasa balado dan keju ini jadi jajanan jadul favorit generasi 90an. Rasa keripik yang renyah bercampur dengan bumbu bercita rasa gurih menjadi perpaduan rasa cemilan yang mantap banget!

Permen Kaki

permen kaki
Source: bukalapak.com

Satu lagi nih permen ikonik di tahun 90an. Bentuknya menyerupai telapak kaki dan kalau diemut terus, lidah kamu bakal ikutan merah.

Super Zuper

super zuper populer di kalangan generasi 90an
Source: Youtube.com

Yang pernah cicipin permen ini pasti familiar sama rasa asamnya yang bikin merinding. Tetapi, setelah diemut rasanya akan berubah jadi manis kok asal kamu tahan dulu dengan rasa asamnya ya!

Krip krip

jajanan jadul krip krip
Source: wargajogja.net

Bungkusnya mungil banget dan di dalamnya berisi mie yang sekali makan langsung habis deh. Makanya makan jajanan jadul ini gak bakal cukup kalau cuman sebungkus.  

Gulali

permen gulali jajanan jadul yang ikonik
Source: idntimes.com

Belum lengkap masa kecil kamu kalau belum nyobain permen gulali. Bentuknya macem-macem lho! Malah kamu bisa request bentuk kesukaan kamu sama mamang penjualnya.

Yosan

yosan
Source: solopos.com

Permen karet ini sangatlah populer di tahun 90an. Selain dimakan permennya, jajanan jadul ini juga berhadian tato air yang bisa dikoleksi. Belum lagi anak-anak akan merasa tertantang untuk mengumpulkan bekas bungkusannya hingga tersusun huruf Y-O-S-A-N.

Cokelat Jago

cokelat jago
Source: food.detik.com

Dikenal juga dengan nama cokelat ayam, cokelat ini terkenal karena rasanya yang enak dan harganya juga murah meria.  

Es Mony

jajanan jadul es mony
Source: food.detik.com

Ciri khas dari es ini yaitu bentuk bungkusnya seperti segitiga. Es ini terbuat dari sirup rasa buah-buahan dan jadi jajanan jadul favorit saat SD dulu.

Kenji

generasi 90an suka dengan snack kenji
Source: food.detik.com

Snack ini pendahulu jenis snack seperti Taro lho! Harganya juga murah dan tentu saja rasa jajanan jadul ini pasti enak banget.

Baca Juga:

Dini
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.