Destinasi

Kamu Pemula dan Ingin Naik Gunung? Cobalah 1 dari 5 Gunung Ini

Pinterest LinkedIn Tumblr

Sekarang sedang trending di Twitter hashtag #kangengunung. Memang semenjak munculnya pademi Covid-19, orang-orang sudah tidak bisa naik gunung sebebas dulu lagi. Bahkan tempat pendakian pun ditutup untuk menghindari penyebaran wabah ini. Beberapa bulan telah berlalu dari sejak dimulainya penerapan PSBB, pasti kamu sudah kangen ingin mengunjungi alam. Nah, kabar baiknya walaupun masih harus menunggu beberapa bulan lagi, tempat wisata akan dibuka lagi tapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Untuk para pemula yang sudah dari jauh hari berencana untuk mendaki gunung, berikut ini Holamigo memberikan referensi gunung-gunung yang cocok untuk kamu daki.

Gunung Nglanggeran

naik gunung, pemula
Gunung Nglanggeran – Instagram/@roh_kyt

Gunung pertama yang masuk daftar untuk pemula adalah Gunung Nglanggeran. Sebagai informasi, gunung ini memiliki ketinggian 700 mdpl jadi cocok bagi kamu yang baru pertama kali naik gunung. Tak hanya mendaki, kamu dan teman-temanmu bisa berkemah di sini. Medannya cukup landai jadi untuk sampai puncak hanya perlu sekitar satu jam saja. Namun harus tetap hati-hati karena ada area batu karang. Untuk memudahkan pendaki, di sini tersedia tangga kayu dan tali. Pasti kamu akan senang berkemah di sini sambil menatap jutaan bintang di langit.

Alamat: Dusun Nglanggeran, Kec. Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta

HTM: Rp7.000 untuk pagi hari, Rp9.000 untuk malam hari dan Rp12.000 untuk turis asing

Gunung Besek

pemula, naik gunung
Gunung Besek – Instagram/@bangjad_

Diurutan kedua ada Gunung Besek yang terletak di perbatasan Wonogiri. Ketinggian gunung ini 850 mdpl, lebih tinggi sedikit dari Gunung Nglanggeran. Untuk sampai di puncak gunung ini, kamu harus trekking melewati hutan serta lereng perbukitan. Meski begitu kamu tak usah gusar karena terdapat lahan parkir yang jaraknya 15 menit saja dari puncak. Ada susunan bebatuan besar di area puncak sehingga naik gunung ini akan menjadi pengalaman yang sangat berkesan bagi para pemula seperti kamu.

Alamat: Dusun Pager Gunung, Desa Plosorejo, Kec. Kismantoro, Kab. Wonogiri

HTM: bayar seikhlasnya

Gunung Pulosari

pemula, naik gunung
Gunung Pulosari – Instagram/@agusriyaadiii

Gunung ketiga di daftar ini memiliki ketinggian 1.346 mdpl. Namanya Gunung Pulosari dan berada di Kabupaten Pandeglang. Pulosari masuk kategori gunung yang cukup santai untuk didaki oleh pemula. Tapi harus diingat kalau gunung ini masih tergolong pada gunung berapi aktif. Para pendaki baru layak untuk mencoba naik gunung ini. Tak hanya menikmati gunung, kamu juga akan bisa menikmati pemandangan hutan beserta vegetasinya yang bermacam-macam.

Alamat: Pasireurih, Cipeucang, Kabupaten Pandeglang

HTM: Rp10.000

Puncak Gajah

naik gunung
Puncak Gajah – Instagram/@kurniawaan24

Ketinggian puncak ini 1.440 mdpl. Tempat mendaki yang berada di urutan keempat ini adalah bagian dari rangkaian Gunung Pulosari yang berada di Purbalingga yang letaknya ada di kaki Gunung Slamet. Di puncak ini kamu bisa menikmati pemandangan golden sunrise yang berlatarkan Gunung Sindoro. Cukup sekitar 30 menit sampai satu jam untuk sampai di puncak dari area parkir yang berada di Desa Karangreja.

Alamat: Desa Karangreja, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga

HTM: Rp5.000

Gunung Andong

Gunung Andong – Instagram/@jonaarwan

Di daftar terakhir ada Gunung Andong yang ketinggiannya mencapai 1.463 mdpl. Gunung yang berada di Magelang ini letaknya tak jauh dari daerah Yogyakarta. Tak usah khawatir tersesat karena gunung ini mempunyai jalur juga papan petunjuk yang jelas. Kurang lebih dua jam dengan berjalan kaki kamu sudah sampai di puncak. Uniknya, puncak gunung ini mirip dengan punduk unta. Kalau kamu ingin mencoba tantangan yang menguras adrenalin, cobalah berjalan di punduk unta yang berupa jalan setapak sempit yang di kanan kirinya adalah jurang. Dipastikan perjalanmu akan sangat mendebarkan.

Alamat: Pagergunung, Ngablak, Magelang

HTM: Rp5.000

Baca juga:

Nah, itulah 5 gunung yang cocok bagi pemula. Kalau kamu sudah tak sabar untuk naik gunung, sementara ini kamu bisa coba browsing dahulu untuk mengenali jalur pendakian tiap-tiap gunung tersebut.

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.