Inspirasi Travel Tips

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Berkunjung ke Selandia Baru?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Walau bukan destinasi pilihan banyak orang, namun New Zealand atau Selandia Baru merupakan destinasi liburan yang wajib untuk dipertimbangkan. Eksistensinya pun masih kalah dengan negara tetangganya, Australia. Namun sayang sekali jika kamu lewatkan negara satu ini. Terkenal dengan lanskap yang asri dan suasana yang hangat sekaligus sejuk untuk dipandang dan dirasa di permukaan kulit.

Sebelum kamu berencana ke negara satu ini, pastikan kamu sudah mencari tahu informasi seputar Selandia Baru. Seperti destinasi favoritnya, budayanya, dan yang paling penting – waktu terbaik untuk berkunjung ke negara satu ini.

Desember Menjadi Bulan yang Disukai Turis

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Berkunjung ke Selandia Baru?
doc. Roell de Ram

Jika biasanya kamu merencanakan pelesir pada peak season atau sekitar bulan Desember untuk mengambil momen tahun baru di tempat yang berbeda dari biasanya. Mungkin setelah kamu tahu waktu yang tepat untuk menikmati Negara Sejuta Biri-Biri ini, pasti kamu akan mengkondisikan waktu yang tepat demi mengambil momen terbaik.

Pada bulan Desember, New Zealand ini memang biasanya akan dipadati turis. Terlebih, di negara ini penghujung tahun akan disambut oleh awal musim panas. Walau disebut musim panas, bagi yang tinggal di negara tropis, suasana hangat yang menyambut kamu paling tidak sekitar 18 derajat Celsius. Hangat dan cenderung lebih dingin dari musim kemarau daerah tropis.

Rencanakan Liburan Saat Shoulder Season

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Berkunjung ke Selandia Baru?
doc. Martin Bisof

Beda dari sudut pandang para turis yang cenderung berkunjung ke Selandia Baru di penghujung tahun, Steven Dixon – selaku Regional Manager South & South East Asia Tourism New Zealand, menyatakan bahwa turis Indonesia sebaiknya datang saat Shoulder season.

Shoulder season adalah kondisi di antara low season dan peak season. Jika kamu bertanya-tanya kapan shoulder season di Selandia Baru, antara musim semi dan musim gugur adalah shoulder season di negara satu ini.

Bulan Maret sampai Mei, Selandia Baru memasuki musim semi, sementara itu musim gugur di mulai pada bulan September sampai November. Menurut Dixon, New Zealand dipadati pengunjung pada memasuki musim panas. Maka saat memasuki shoulder season, Selandia Baru tidak akan begitu ramai dan cuacanya terbilang cuaca terbaik.

Memperkirakan Musim di Selandia Baru Berbeda Dengan Memperkirakan Musim di Eropa

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Berkunjung ke Selandia Baru?
doc. Casey Horner

Jangan lagi terbalik dalam membaca perkiraan musim saat berencana untuk pergi ke Selandia Baru. Pasalnya, selayaknya di Australia, negara ini terletak di bawah garis Khatulistiwa. Sehingga kawasan yang berdekatan dengan kutub selatan ini memiliki siklus pergantian musim yang berbeda dengan kawasan Eropa yang berdekatan dengan kutub utara.

Jika kamu memperkirakan musim dingin pada bulan Desember saat akan bertolak ke negara Eropa, maka saat kamu berencana ke New Zealand ini, justru sebaliknya. Musim panas di Selandia Baru justru terjadi pada akhir tahun hingga awal tahun, yaitu pada bulan Desember hingga Februari. Sementara itu, jika di Eropa baru memasuki musim panas, di Selandia Baru memasuki musim dingin.

Untungnya, saat memasuki musim gugur dan musim dingin, cuaca di negara ini terbilang membuat turis Indonesia nyaman. Tidak se-ekstrim negara lainnya, suhu rata-rata musim semi di Selandia Baru di antara 12-22 derajat Celsius, sementara untuk musim gugur di antara 10-24 derajat Celsius. Walau begitu, jika kamu berencana untuk ke negara ini, kamu tetap wajib membawa jaket tebal atau jaket musim dingin, agar tidak merasa kedinginan saat suhu di sana sedang berada di titik paling rendah. Tertarik untuk berkunjung ke New Zealand?

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.