Travel Tips

Kena Tipu Saat Traveling? Ini Tips Menghindarinya

Pinterest LinkedIn Tumblr

Traveling ke tempat baru memang bisa menjadi pengalaman menarik. Tapi jangan sampai kenangan indah kamu saat jalan-jalan harus rusak hanya karena kamu kena tipu. Biar perjalanan kamu tetap aman dan nyaman, ikuti saja tips menghindari penipu berikut ini.

1. Jaga barang-barang dari penipu yang menawarkan bantuan

Saat tiba di bandara atau terminal, kamu pasti akan dikerubungi oleh orang-orang yang ingin membantu kamu. Dari mulai tukang angkut hingga sopir taksi. Jangan sembarangan menerima ajakan mereka.

Bisa jadi tukang angkut tersebut malah membawa lari barang-barang kamu. Sopir yang menawarkan jasanya juga mungkin saja bisa menculik dan melakukan tindakan kejahatan padamu. Agar tidak kena tipu, pastikan bantuan yang kamu gunakan berasal dari perusahaan resmi. Dapatkan informasi lengkapnya di pusat informasi yang ada di lokasi kedatangan kamu.

2. Asah kemampuan negosiasi kamu

tips anti kena tipu
Jago negosiasi bisa jadi senjata agar tidak kena tipu.Unsplash/Anton Luzhkovsky

Saat traveling, kamu pasti pernah harus membayar sesuatu lebih mahal daripada biasanya. Hal ini memang sering terjadi pada orang asing. Berlatihlah untuk bernegosiasi untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Cobalah untuk menawar harga 30 persen lebih murah dari harga yang ditawarkan. Jangan takut untuk meninggalkan pedagang yang menawarkan harga yang tidak sesuai dengan anggaran kamu. Jika kamu terus melatih kemampuan negosiasi kamu, kemungkinan kamu kena tipu juga bisa lebih kecil bukan.

3. Jangan kena tipu sopir taksi

Bagi orang asing, transportasi yang sering dipilih adalah layanan taksi. Sayangnya banyak pengemudi taksi yang mempermainkan harga hanya untuk mendapatkan keuntungan lebih. Agar tidak kena tipu, pastikan kamu setuju dengan tarif taksi sebelum memulai perjalanan. Jangan lupa juga untuk meminta pengemudi taksi untuk menyalakan argonya.

ARTIKEL LAINNYA:

4. Hindari jebakan restoran

Salah satu jebakan yang paling banyak memakan korban adalah restoran atau rumah makan. Sering kali kita memesan makanan dan minuman tanpa mengetahui harganya terlebih dahulu. Alhasil, kamu tercengang dengan jumlah yang harus kamu bayar.

Tips mudah agar tidak kena tipu jebakan klasik ini adalah dengan menghindari tempat makan di lokasi-lokasi wisata. Selain bisa mendapatkan makanan dengan harga miring, kamu juga mungkin bisa menemukan menu yang tidak akan kamu temukan di tempat lain. Jadi pastikan untuk mencari tempat makan yang tepat sebelum rasa lapar memaksa kamu mengambil keputusan terburu-buru.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu praktikkan dalam perjalanan kamu berikutnya agar tidak kena tipu. Apa kamu punya tips sendiri untuk menghindari penipu?

Mario
Author

Makhluk penasaran yang suka belajar tentang content marketing, tapi lebih hobi baca novel, manga, main game, gebukin samsak.

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.