Asal-usul

Kenapa Pasir Pink Beach Bisa Berwarna Merah Muda?

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pink Beach di Pulau Komodo memiliki hamparan pasir berwarna merah muda. Dipadukan dengan air laut jernih dan segar. Ketika ombak menyapu pantai, warna merah muda pada pasirnya kian terlihat.

Tak bisa dipungkiri bahwa pesona pantai yang satu ini memiliki daya tariknya tersendiri. Maka tak heran jika pantai ini menjadi salah satu destinasi primadona di Nusa Tenggara Timur. 

Wilayah ini termasuk kawasan yang kering. Di sekeliling pantai diapit dengan perbukitan sabana. Dari atas bukit-bukit tersebut, kita pun bisa menikmati panorama Pink Beach dari ketinggian.

Penyebab Pasir Pink Beach Berwarna Merah Muda

Pink Beach
Image credit: Laika ac (flickr.com)

Nah, apakah kamu pernah bertanya-tanya kenapa pasir-pasir di Pink Beach bisa berwarna merah muda? Tidak seperti pantai pada umumnya yang berwarna putih atau coklat.

Warna pink atau merah muda tersebut berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera. Koral-koral di kawasan ini memiliki warna merah muda yang dihasilkan dari pigmen Foraminifera.

Serpihan koral-koral yang hancur kemudian terbawa gelombang air laut hingga ke pantai. Maka serpihan tersebut pun bercampur dengan pasir pantai dan membuatnya menjadi berwarna merah muda.

Pink Beach
Image source: Surf Mexico & Travel

Ada beberapa spot snorkeling yang tersedia di Pink Beach. Air lautnya yang jernih sangat pas untuk menikmati keindahan biota laut yang ada di sini. Jika beruntung, kita akan nemukan koral-koral yang berwarna merah muda.

Koral-koral yang ada di sini terdiri dari kotal halus dan keras. Warna-warnanya sangat cantik dan memanjakan mata. Selain koral, kita pun akan menemukan banyak spesies ikan. Maka harus diingat ya, kita harus tetap menjaga keutuhan ekosistem di kawasan ini.

Akses Menuju Pink Beach

Untuk menuju pantai ini, kita bisa mengakses melalui Bali. Biasanya para wisatawan menggunakan pesawat dari mendarat di Bandar Udara Labuan Bajo. Untuk menuju Pulau Komodo, tersedia jasa sewa speed boat menuju Dermaga Loh Liang, Pulau Komodo.

Selain dengan speed boat, kita pun bisa melakukan trekking. Perjalanan trekking ini bisa memakan waktu hingga 4 jam. Namun selama perjalanan ini kita akan disuguhi pemandangan menarik seperti tebing karang, hingga hutan bakau.

Baca juga Kamu Pecinta Warna Pink? 5 Destinasi Ini Cocok Buat Kamu

Audya
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.