Destinasi Indonesia Sulawesi

Kepulauan Balabalagan, Keindahan Tersembunyi di Sulawesi Barat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kepulauan Balabalagan atau Balabalakang berada di perbatasan Provinsi Sulawesi Barat dan Kalimantan Barat. Namun secara administratif kepulauan ini masuk ke dalam wilayah Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulbar. Ternyata kepulauan ini memiliki pulau-pulau yang sangat indah dan masih tersembunyi, seperti Pulau Popongan, Lalungan, Samataha, Sabakattang dan Saboyang.

Kepulaua Balabagan

Balabalagan
Instagram @hyogaw

Yang ditawarkan oleh kepulauan ini adalah panorama pantai yang indah dengan terumbu karang yang cantik. Kepulauan ini bisa dibandingkan dengan keindahan Raja Ampat atau Bunaken. Kalau kamu penasaran seberapa indahnya pulau-pulau yang ada di Kepulauan Balabalagan, Holamigo akan mengulas 6 pulau yang ada di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat ini. Simak ya.

Pulau Popongan

kabupaten mamuju
Instagram @aldiriandana

Jika ingin tertarik untuk bermalam di salah satu pulau yang ada di Balabalagan, pilihan terbaik adalah Pulau Popongan. Mengapa? Karena di sini sudah memiliki fasilitas yang lengkap, seperti musala dan tempat olahraga dan yang terpenting memiliki sumber air tawar meskipun listrik belum sepenuhnya ada. Selain itu di sini tak ada pungli. Pengunjung dapat berkemah di pinggir pantai juga menyaksikan kawanan penyu yang biasa datang malam hari. Tentunya pulau ini memiliki pantai dengan pasir putih yang lembut dan air laut yang jernih.

Pulau Lalungan

Sulawesi Barat
Instagram @fransiskahutabarat

Tempat tak berpenghuni di Balabalagan ini sangat bersih sekali. Pemandangan air laut yang jernih juga terumbu karang yang cantik menjadi pemikat untuk wisatawan berkunjung ke Pulau Lalungan yang ada di Kabupaten Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat ini. Nikmati panorama langit senja saat sunset sambil duduk-duduk di tepi pantai.

Pulau Saboyang

balabalagan
Instagram @rezaldisafitri

Tak hanya Popongan, Saboyang juga sudah memiliki sumber air tawar maka tak heran saat musim kemarau pulau ini banyak dikunjungi warga dari pulau tetangga untuk mengambil air. Saboyangan dihuni oleh sekitar 30 KK. Mereka utamanya adalah nelayan dari Suku Mandar dari daerah Mamuju dan Majene. Penduduk ini sudah menetap secara turun-temurun. Samboyangan memiliki dermaga yang indah yang dijadikan spot untuk memotret langit malam yang dihiasi tabur bintang hingga milky way.

Pulau Sumanga

Kabupaten Mamuju
Instagram @borneocampadventure

Terdiri dari Sumanga Besar dan Kecil, pulau ini memiliki keindahan yang memesona. Sumanga Besar memiliki kedalam pesisir kira-kira 2 sampai 3 meter. Pengunjung juga bisa menikmati terumbu karang besar-besar dan penyu. Kalau ingin melihat Clown Fish alias Nemo dalam jumlah banyak yang bisa dilihat di kedalaman kurang dari 1 meter, pulau di Balabalanga, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat adalah tempatnya.

Pulau Samataha

Sulawesi Barat
Instagram @murdi.al.usman

Objek menarik yang ditawarkan pulau yang ada di Balabalagan adalah terumbu karang yang letaknya dekat dengan pantai. Tepat di bawah dermaga pulau, terdapat banyak deretan kima, kerang langka yang berukuran sangat besar.

Pulau Sabakattang

Balabalagan
Instagram @hyogaw

Dibandingkan dengan pulau lain di Balabalagan, Sabakattang memiliki ukuran yang mungil, hanya 4.5 ha. Meskipun kecil, pulau ini meyimpan keindahan yang luar biasa, seperti air yang bening bagai kaca sehingga bisa melihat penyu dan ikan-ikan. Ketika berjalan di jembatan menuju daratan mata pengunjung dimanjakan oleh keindahan alam laut di kanan dan kirinya.

Baca juga

Menengok Pulau Buru yang Kini Jadi Destinasi Wisata yang Memikat

Bambarano, Surga Kecil Sulawesi Tengah

Meskipun Balabalagan masih merupakan wilayah yang tertinggal secara infrastruktur, tapi kepulauan di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat ini menyimpan potensi pariwisata yang menjanjikan. Para petualang pasti tertarik untuk ke sini. Kamu juga?

Sansan
Author

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.